Jenis Kelamin Anak dalam Pembuahan Lebih Ditentukan Faktor Ayah

TRIBUNJAMBI.COM - Memilih jenis kelamin anak dalam proses pembuahan lebih ditentukan oleh faktor ayah

TRIBUNJAMBI.COM - Memilih jenis kelamin anak dalam proses pembuahan lebih ditentukan oleh faktor ayah ketimbang ibunya.

Sebab, ujar dr. Aloysius Suryawan, Sp. OG dari RS Immanuel Bandung, laki-laki memiliki kromosom X dan Y, sedangkan perempuan hanya memiliki kromosom X.

Jika kromosom X dari ayah yang berhasil membuahi sel telur ibu yang memiliki kromosom X, kromosom janin menjadi XX, yang berarti anak perempuan.

Demikian sebaliknya, jika kromosm Y yang membuahi sel telur, kromosom janin menjadi XY, yaitu anak laki-laki. "Selain ayah, hal lain yang berperan dalam jenis kelamin anak adalah kondisi asam atau basa yang sedang terjadi pada vagina," katanya.

Jika hubungan terjadi pada saat kondisi vagina dalam keadaan basa, maka kemungkinan besar anak akan berjenis kelamin laki-laki. Tetapi jika sedang dalam keadaan asam, jenis kelamin si anak mungkin perempuan.

Hal itu terjadi karena kromosom Y, yang membentuk jenis kelamin laki-laki, bergerak lambat jika berada dalam kondisi asam.

Ini akibat dari kromosom Y yang tidak tahan dengan suasana asam. Sedangkan dalam kondisi basa, pergerakannya akan lebih cepat.

Menurut Aloysius, memang hanya dua faktor itulah yang menentukan jenis kelamin anak. Itu pun tidak 100%.

Walaupun mungkin keadaan vagina dalam keadaan asam dan pergerakan kromosom Y menjadi lambat, masih ada kemungkinan pergerakan kromosom X tidak langsung menuju ke sel telur.

Reporter : Yoyok Prima Maulana

Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved