VIDEO: Bisnis Sewa Sepeda Kian Menggeliat di Kota Jambi

Sari (40) merupakan orang pertama yang menggeluti bisnis sewa sepeda yang dimulainya sejak lima tahun lalu. Berawal dari 10 sepeda

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Sari (40) merupakan orang pertama yang menggeluti bisnis sewa sepeda yang dimulainya sejak lima tahun lalu. Berawal dari 10 sepeda, saat ini sepeda dewasa miliknya sudah sampai 50 unit.

"Awalnya saya cuma iseng-iseng d dengan bisnis ini, tapi Alhamdulillah sekarang masih tetap bertahan, dan sepeda semakin banyak," katanya saat dijumpai Tribun (30/4).

Disewakan Rp 5000 perjamnya. Saat ini penghasilan sari sudah mencapai Rp 500 Ribu perhari.

"Pendapatan sebesar itu biasanya hari minggu dan hari libur," katanya.

Dengan penghasilan tersebut, wajar saja jika banyak yang ingin menggeluti bisnis sewa sepeda. Hingga saat ini ada lima orang yang menggeluti bisnis ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Ida (50), ia mulai mengikuti jejak Sari untuk berbisnis sewa sepeda sejak empat lalu. Karena kegigihannya saat ini, sepeda milik Ida sudah 100 unit.

Namun sepeda milik Ida sering hilang dibawa oleh penyewa. Bahkan Sepeda miliknya sudah hilang hingga 38 unit.

"Kalau rejeki tidak Kemana, semakin sering dicuri sepeda saya semakin banyak," katanya.

Rahma (20) warga kota Baru, satu diantara penyewa mengaku sudah menjadi pelanggan sewa sepeda. Menurutnya menyewa sepeda lebih irit, karena tidak perlu membeli sepeda dengan harga yang berjuta-juta.

"Biasanya saya sewa satu sampai dengan tiga jam, bila tidak sibuk saya tiap hari main disini, berkeliling sekitar Kota Baru dengan sepeda sewa," katanya.

Untuk menambah penghasilan, para pebisnis sepeda ini biasanya menyewakan sepeda untuk berbagi event. Soal harga sewa, biasanya bukan lagi perjam, tapi disewakan perpaket.

"Harganya berbeda-beda, tergantung negosiasi pada awal penyewaan," kata Ida.

Berbeda dengan Rita, pemilik sewa sepeda ini hanya membuka bisnisnya pada hari libur dan hari minggu. Dikarenakan sepedanya hanya ada 20 unit.

Penulis: Rohmayana
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved