Warga Terpaksa Bongkar Sebagian Rumah

Pantauan Tribun, di tepi Sungai Batang Limun yang melintas di beberapa kecamatan terus terkikis air. Kini jarak rumah warga dengan

Warga Terpaksa Bongkar Sebagian Rumah
TRIBUN JAMBI/HERUPITRA

TRIBUNJAMBI.COM - Pantauan Tribun, di tepi Sungai Batang Limun yang melintas di beberapa kecamatan terus terkikis air. Kini jarak rumah warga dengan bantaran sungai bahkan ada yang tinggal beberapa centimeter saja.

Bahkan ada salah satu rumah warga sebagiannya terpaksa dibongkar. Sebab sebagian rumah, tanah tempat berdiri tiangnya telah runtuh.

“Saya terpaksa bongkar sebagian rumah saya. Karena tanahnya telah runtuh. Padahal dulunya depan rumah saya ini jalan aspal. Tapi kini jalannya sudah tidak ada lagi telah runtuh,” ujar Hapis warga Pasar Pelawan.

Dia mengatakan, terkikisnya tebing sungai telah lama terjadi. Dan setiap hari, runtuhan tebing sungai semakin meluas.

“Kalau air besar seperti ini kami sangat cemas, apa lagi kalau malam hari. Takut rumah kami ikut runtuh,” ujar Hapis lagi.

Senada warga Desa Demang, Kecamatan Limun juga mengalami hal serupa.

“Tebing sungai yang berada dibelakang rumah saya sudah terkikis. Saya sangat merasa cemas, karena pohon-pohon yang saya tanam untuk menahan tebing itu telah hanyut terbawa arus sungai,” ujar Sholahudin.

Dia mengatakan, jika tidak cepat dilakukan penanggulangan, maka tebing yang setiap hari terkikis tersebut akan meluas. Tidak menutup kemungkinan sebutnya, rumah yang ada dipingir sungai semuanya akan ambruk.

“Kalau melihat kondisi sekarang, setiap hari tebing runtuh. Kalau seperti ini satu sampai lima tahun kedepan dipastikan semua rumah yang berada dipingir sungai ini sudah tidak ada lagi,” tuturnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved