Breaking News:

Manusia Kerdil dari Aceh Ini Dikenal Sebagai Suku Mante Masih Menyimpan Misteri

Semua bermula ketika seorang pengendara motor trail yang sedang menyusuri pedalam Aceh dikejutkan oleh sesosok manusia kerdil berlari membawa kayu.

Youtube Fredography
Suku Mante, manusia kerdi di Aceh 

TRIBUNJAMBI.COM - Semua bermula ketika seorang pengendara motor trail yang sedang menyusuri pedalam Aceh dikejutkan oleh sesosok manusia kerdil berlari membawa kayu.

Pengendara motor itu sempat mengejarnya tapi si manusia kerdit terlalu gesit dan menghilang di balik ilalang. Adegan itu bisa kita lihat di YouTube yang diunggah oleh akun bernama HZTN.

Dari beberapa informasi di internet, diketahui bahwa manusia kerdil itu berasal dari Suku Mante, salah satu suku yang hampir punah yang tinggal di gua-gua dan pinggir sungai di pedalamanAceh.

Harian Kompas pernah mengulas suku ini pada 18 Desember 1987 silam dalam sebuah artikel berjudul “Ditemukan Lagi, Suku Mantedi Daerah Pedalaman Aceh”.

Tulisan itu sendiri berdasarkan kesaksian seorang pawang hutan bernama Gusnar Effendy. Ia menemukan Suku Mante hidup di belantara pedalaman Lokop, Kabupaten Aceh Timur.

Ia juga pernah bertemu dengan suku tersebut di hutan-hutan Oneng, Pintu Rimba, Rikit Gaib di Kabupaten Aceh Tengah danAceh Tenggara.

Berdasarkan pemaparan Gusnar, suku ini umumnya tinggal di gua-gua dan celah gunung. Jika siang, mereka biasa berada di alur-alur sungai yang berada di tengah lembah.

Beberapa gua yang kerap ditinggali suku terasing ini antara lain Gua Bete, Jambur Atang, Jambur Ketibung, Jambur Ratu dan Jambur Situpang.

Dari segi fisik, Suku Mante ini memiliki ciri-ciri tubuh kerdil dengan ketinggian sekitar satu meter. Rambut terurai panjang hingga pantat dan sebagian dari mereka bertelanjang.

Mereka memiliki kulit cerah, tubuh berotot dan kasar serta wajah bersegi dengan dahi sempit. Kedua alis mata mereka bertemu di pangkal hidung yang tampak pesek.

Halaman
12
Editor: Rahimin
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved