Istri Bill Gates Kunjungi Rumah Warga di Yogyakarta

Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Melinda Gates blusukan ke Kelurahan Kricak yang merupakan kampung binaan Universitas Gadjah Mada (UGM)

Istri Bill Gates Kunjungi Rumah Warga di Yogyakarta
Melinda Gates/ Facebook
Melinda Gates (tengah) mengunjungi perangkap nyamuk di sebuah rumah warga di Yogyakarta. 

TRIBUNJAMBI.COM, SLEMAN - Dalam kunjungannya ke Yogyakarta, Melinda Gates blusukan ke Kelurahan Kricak yang merupakan kampung binaan Universitas Gadjah Mada (UGM), Rabu (22/3/2017).

Di kelurahan ini, istri pendiri Microsoft Bill Gates itu sempat berkunjung ke salah satu rumah yang memiliki nyamuk Aedes aegypti ber-wolbachia dan berdialog dengan warga.

"Jadi setelah dari laboraturium, Melinda Gates dan rombongan berkunjung ke kelurahan Kricak," ujar Bekti Andari, Koordinator Media Komunikasi Eliminate Dengue Project (EDP) UGM, saat ditemui Kompas.com, Kamis (23/3/2017).

Bekti mengungkapkan, saat berkunjung ke Kelurahan Kricak, Melinda berdialog dengan warga. Saat berdialog, Melinda menanyakan respons warga tentang proyek EDP di daerah mereka.

"Jadi kami mengundang warga sekitar 30 orang, baik Pak Lurah, Ketua PKK, RT, RT. Dia (Melinda Gates) ingin belajar bagaimana kemudian masyarakat bisa menerima penelitian ini," ungkapnya.

Setelah berdialog sekitar 30 menit, Melinda lantas berjalan kaki ke rumah warga yang memiliki jentik nyamuk Aedes aegypti mengandung bakteri Wolbachia. Nyamuk yang mengandung bakteri ini dikembangkan untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue.

Dengan pemilik rumah, Melinda lalu berbincang santai.

"Rumah yang dikunjungi itu memiliki ember berisi jentik nyamuk. Saat berdialog itu sangat santai dan begitu ramah, pertanyaannya sama bagaimana bisa menerima penelitian, dan kenapa masyarakat mau keterlibatan," tegasnya.

Dia bercerita, setelah berdialog, Melinda menyampaikan kekagumannya pada EDP, apalagi penelitian ini berguna dan didukung langsung oleh masyarakat.

"Melinda juga menandatangani dinding yang terdapat mural dengan tema 'Eliminate Dengue Project'," tutur Bekti.

Sebelumnya diberitakan, Melinda Gates berkunjung ke Laboratorium Eliminate Dengue Project UGM pada 22 Maret 2017. Kunjungan Melinda ini menjadi bahasan setelah dirinya mengunggah foto-foto perjalanannya di Yogyakarta di media sosial.

Editor: nani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved