Warga Batanghari Tidak Bisa ke Kebun, Banjir Kian Meluas

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Dampak banjir sangat dirasakan warga di tujuh kecamatan di Kabupaten

Laporan wartawan Tribun Suci

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Dampak banjir sangat dirasakan warga di tujuh kecamatan di Kabupaten Batanghari. Ratusan hektare (Ha) lahan perkebunan kelapa sawit dan karet, lahan pertanian serta akses jalan terendam.

Akibatnya, masyarakat tidak bisa beraktivitas seperti ke kebun untuk memanen kelapa sawit dan menyadap getah. Hal ini dialami banyak warga satu diantaranya Abdullah, warga Tembesi.

"Rumah, kebun dan lahan karet kami terendam. Saat ini masih mikir menyelamatkan harta benda di rumah," katanya, Senin kemarin.

Untuk bertahan hidup, lanjutnya hanya mengandalkan bantuan. "Persediaan untuk kebutuhan hidup sudah habis, sementara kami belum bisa ke kebun. Terpaksa mengandalkan bantuan yang jumlahnya juga sangat terbatas," imbuhnya.

Dampaknya lainnya adalah banyak tunggakan angsuran seperti angsuran kendaraan. Seperti dikatakan Ikbal, dari MCF. "Banyak nasabah yang nunggak angsuran, terutama yang mengambil angsuran jangka pendek," sebutnya.

Dari data di BPBD Batanghari, tercatat 21.499 kepala keluarga (KK) berdampak banjir. "Jika dihitung dari jiwanya, saat ini tercatat 48.429 jiwa," kata Plt Kalak BPBD Batanghari , Nazharuddin melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik, Samral.

Sementara logistik yang sudah disalurkan sebanyak 7.165 paket, dan masih tersedia 14.334 paket. "Penyaluran logistik dilakukan secara bertahap. Namun jumlah yang tersedia saat ini masih kurang, karena saat ini kami mengajukan untuk 12 ribu jiwa, sementara korban yang terdampar sudah di angka 21 ribu jiwa lebih," ujarnya.

Terpisah, Plt Kepala Badan Keuangan Daerah, M Azan mengatakan saat ini pemkab Batanghari masih tersedia anggaran untuk dana bencana. "Yang dialokasikan untuk dana bencana kisaran Rp 2,4 miliar, yang sudah dicairkan untuk membeli logistik baru kisaran Rp 1,3 miliar, artinya masih tersedia anggaran untuk memberikan bantuan," bebernya. (sra)

Penulis: suci
Editor: ridwan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved