Pelabuhan Muara Sabak Lebih Prioritas Ketimbang Ujung Jabung, Ini Alasannya

Pemerintah Provinsi Jambi hingga saat ini tetap komit memprioritaskan pembangunan Pelabuhan Muara Sabak ketimbang

Pelabuhan Muara Sabak Lebih Prioritas Ketimbang Ujung Jabung, Ini Alasannya
TRIBUNJAMBI/TOMMY KURNIAWAN
Acara penandatangani nota kesepakatan rancangan KUPA-PPAS dilakukan oleh Gubernur Jambi Zumi Zola bersama Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston serta sejumlah forum anggota dewan yang hadir bersama sejumlah kepala SKPD. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi. Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemerintah Provinsi Jambi hingga saat ini tetap komit memprioritaskan pembangunan Pelabuhan Muara Sabak ketimbang Pelabuhan Ujung Jabung untuk beberapa tahun kedepan.

Menurut Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston, sesuai RPJMD dan RPJMN pembangunan 20 tahun kedepan terdapat program Pelabuhan Muara Sabak dan Pelabuhan Ujung Jabung. Namun mengingat pendanaan yang cukup besar dan progres perekonomian di Provinsi Jambi mulai mengalami peningkatan signifikan, maka Pelabuhan Muara Sabak akan didahulukan.

"Pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu pendanaannya luar biasa, bisa habus 3-4 Triliun, tidak mungkin melalui APBD. Makanya kita usahakan dari APBN, di zaman pak HBA juga dijanjikan oleh pusat," katanya.

Selain itu, menurut Cornelis, pembangunan Ujung Jabung lebih lama ketimbang pelabuhan Muara Sabak

"Progres pembangunanya juga sangat berpengaruh. Kalau kita menunggu untuk Ujung Jabung maka akan banyak lagi kerugian oleh Provinsi Jambi. Karena sudah banyak barang dikirim melalui pelabuhan tetangga," ungkap Cornelis.

Menurutnya dengan pembangunan Pelabuhan Muara Sabak ini, bukan berarti pengabaian terhadap pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung. Pembangunan Pelabuhan Ujung Jabung akan membutuhkan waktu yang lama dan biaya dan Provinsi Jambi mengharapkan dana dari pusat atau investor.

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved