Curah Hujan Tinggi, BPBD Merangin Siapkan Alat Evakuasi, Warga Sepanjang Sungai Diminta Waspada

Selain itu waspada banjir juga dihimbau untuk warga yang tinggal disepanjang sungai Batang Masumai dan Batang Merangin

Curah Hujan Tinggi, BPBD Merangin Siapkan Alat Evakuasi, Warga Sepanjang Sungai Diminta Waspada
TRIBUNJAMBI/RIAN AIDILFI AFRIANDI
Apel siaga bencana banjir dilakukan di Mapolda Jambi. Dipimpin langsung oleh Waka Polda Jambi, Kombes Pol Nugroho Aji Wijayanto, Rabu (14/9/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Herupitra

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Bukan saja di Kabupaten Sarolangun, tingginya curah hujan akhir-akhir ini juga terjadi di Kabupaten Merangin.

Pemkab setempat menghimbau agar warga waspada terhadap banjir dan tanah longsor.

“Sepanjang Sungai Tabir ini warga perlu waspada, karena rawan terjadi banjir. Apalagi melihat cuaca ekstrim seperti saat ini, curah hujan sangat tinggi,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merangin, Mardansyah Saidi.

Mardansyah menyebutkan, hampir semua kecamatan di sepanjang bantaran Batang Tabir rawan terhadap banjir. Apa lagi Kecematan Tabir Ilir dan Tabir Timur yang setiap tahun selalu dilanda banjir.

“Ini mulai dari Tabir Barat, Tabir Ulu dan Tabir itu harus selalu waspada dengan cuaca seperti saat ini. Apa lagi Kecamatan Tabir Ilir dan Tabir Timur yang merupakan kawasan rawan banjir,” sebutnya.

Selain itu waspada banjir juga dihimbau untuk warga yang tinggal disepanjang sungai Batang Masumai dan Batang Merangin.

“Selain itu juga beberapa desa di Jangkat Timur. Jika curah hujan terus terjadi kawasan-kawasan itu juga rawan terjadi banjir,” ujar Mardansyah.

Selain banjir, longsor juga rawan terjadi di wilayah Tabir Barat, Jangkat, Muara Siau, Lembah Masurai, Sungai Manau dan Pangkalan Jambu.

“Karena kawasan itu berbukit-bukit. Warga kami harap juga untuk selalu waspada terhadap longsor di sejumlah kecamatan itu," tuturnya.

Untuk antisipasi itu dikatakan Mardansyah, pihaknya selalu siaga 24 jam. Selain itu pihaknya juga akan menyurati camat untuk mengingatkan warganya.

“Tim selalu siaga 24 jam. Alat-alat untuk evakuasi juga sudah kita siapkan, termasuk perahu karet dan lainnya,” tuntasnya.(*)

Penulis: heru
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved