Aktor Harrison Ford Kembali Alami Kecelakaan Pesawat yang Serius

Aktor Harrison Ford kembali mengalami insiden penerbangan. Kasus tersebut kini sedang diselidiki otoritas penerbangan AS, FAA.

Editor: Nani Rachmaini
Splash News Australia
Pesawat kecil yang dikemudikan oleh Harrison Ford yang mengalami kecelakaan mendarat di sebuah lapangan golf Los Angeles 

TRIBUNJAMBI.COM - Aktor Harrison Ford kembali mengalami insiden penerbangan. Kasus tersebut kini sedang diselidiki otoritas penerbangan AS, FAA.

Seperti dikutip dari NBC News, Selasa (14/2/2017), insiden pada Senin (13/2/2017) itu terjadi di sebuah bandara di California dan berpotensi menyebabkan kecelakaan penerbangan yang serius.

Sebagai informasi, pemeran Han Solo dalam film Star Wars, itu merupakan pilot berpengalaman.

Dalam peristiwa itu, Ford hendak mendaratkan pesawat Husky miliknya di Bandara John Wayne, Orange County, California.

Menara pengawas memintanya mendarat di landasan 20-L. Namun Ford justru mengarah ke jalur yang digunakan untuk taxiway.

Akibatnya pesawat Ford melintas tepat di atas pesawat Boeing 737 milik American Airlines, yang membawa 110 penumpang dan enam awak.

Pesawat itu berhasil lepas landas menuju Dallas dengan selamat beberapa menit kemudian.

Menurut rekaman milik menara pengawas Bandara John Wayne, Ford terdengar bertanya, "Memangnya pesawat itu harusnya ada di bawahku ya?"

Seorang petugas menara pengawas kemudian memberitahu Ford bahwa ia mendaratkan pesawat di taxiway, bukan landas pacu. Hal itu merupakan pelanggaran aturan keselamatan FAA.

Menurut FAA, Ford sudah mendapat instruksi pendaratan yang jelas dari petugas dan aktor itu pun sudah mengulanginya dengan benar.

Kasus itu kini sedang diselidiki FAA. Jika pemeran Indiana Jones itu dinyatakan lalai, surat izin terbangnya bisa diskors.

Bagi Ford, ini bukan insiden penerbangan pertama. Ia beberapa kali mengalami kecelakaan atau nyaris celaka saat menerbangkan pesawat.

Pada 2015, pesawat yang dipilotinya jatuh di Santa Monica, California. Kejadian itu disebabkan kerusakan mesin.

Menurut seorang saksi, ketika itu Ford berhasil mengarahkan pesawat ke sebuah lapangan golf untuk menghindari jatuh di kawasan permukiman.

Sumber: Kompas.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved