Breaking News:

PT Bukaka Minta Izin Baru PLTA Batang Merangin

Setelah menghentikan pengerjaan pembangunan Lembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Batang Merangin

KERINCI, TRIBUN - Setelah menghentikan pengerjaan pembangunan Lembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Batang Merangin, karena untuk menambah daya. PT Bukaka kembali mengajukan izin melakukan survei lokasi baru PLTA diwilayah Batang Merangin.

Namun dalam pengajuan izin untuk survei lokasi baru dengan nama perusahaan yang berbeda dari sebelumnya. Yakni PT Sumatera Hydro Power (SHP) dibawah naungan Bukaka Group. Hal ini berdasarkan surat dari PT Sumatera Hydro Power yang masuk ke Pemkab Kerinci pada tanggal 30 Januari 2017 dengan nomor surat 002/PT.SHP-PEMDA/1/2017 dengan hal penambahan loksi PLTA Merangin 2.

Staf Ahli Bupati Kerinci, Amir Syam menyanpaikan berdasarkan surat tanggal 24 Januari 2017 perihal perkenalan dan permonan izin prinsip PLTA Kerinci sudah di kerjakan PT Bukaka. Bersama dengan itu mereka mengajukan permohonan lokasi yang baru untuk melakukan survei penilitian dan study PLTA Batang Merangin 2 oleh PT SHP.

Saat ini pihaknya masih melakukan kajian untuk izinnya. Pasalnya, kata Amir, dirinya tidak mau langsung memberikan izin karena dikhawatirkan bisa masuk dalam kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) nantinya.

"Ya sesuai dengan disposisi dari pak Bupati pelajari, teliti dan sesuai dengan aturan, makanya kita harus pelajari dulu. Apalagi PLTA dulunya belum ada hasil di Kerinci," jelasnya kepada Tribun, Selasa (14/2).

Menurutnya, surat izin survei harus pelajari betul terutama SKPD terkait agar nantinya tidak menjadi masalah dikemudian hari. "Kalau mereka masuk dalam kawasan nanti tentu yang bertanggung jawab adalah yang memberi izin, kita tidak ingin seperti itu," katanya lagi

Sebelumnya, memang proyek yang dikerjakan oleh PT Bukaka, tapi karena ada penambahan daya dari
90x2 Mega Watt, menjadi 360 Mega Watt, maka dihentikan sementara. "Sebenarnya sudah 10 tahun PLTA di Batang Merangin ini tapi sampai sekarang belum ada hasilnya," katanya.(*)

Penulis: hendri dede
Editor: Awang Azhari
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved