Pemkab Batanghari Prioritaskan Peningkatan Jalan Desa

Tahun ini, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pemkab Batanghari mendapatkan sejumlah

Pemkab Batanghari Prioritaskan Peningkatan Jalan Desa
tribun jambi/heru pitra
Ilustrasi pembangunan jalan. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Tahun ini, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Pemkab Batanghari mendapatkan sejumlah anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak Rp 25 milyar.

Anggaran ini akan digunakan untuk peningkatan infrastruktur jalan maupun jembatan. Hal ini dikatakan Kabid PUPR, A Shomad.

Menurutnya peningkatan jalan akan berita pengerasan jalan, serta pembangunan jembatan.

"Dana akan digunakan untuk peningkatan kapasitas dan struktur aspal serta pengerasan beton jalan Desa Kilangan-Tiang Tunggang, dengan panjang sekitar 4 KM," katanya.

Selain itu, peningkatan jembatan di Desa Serasah, dengan anggaran kisaran Rp 6,6 M, peningkatan jembatan di Rantau Kapas Tuo yang diperkirakan memakan biaya sebesar Rp 5,7 M.

"Peningkatan jalan Desa Mersam dengan anggaran Rp 4,9 M, serta peningkatan jalan Desa Selat-Lubuk Ruso dengan anggaran Rp 12 M," bebernya.

Menurut Somad, sebelum memulai pekerjaan fisik, akan dilakukan proses perencanaan terlebih dahulu.

"Diperkirakan pada awal Juni nanti baru bisa dilakukan lelang, namun tetap diupayakan secepatnya," imbuhnya.

Sebelumnya Bupati Batanghari Syahirsah pernah mengatakan, peningkatan jalan desa menjadi prioritas pembangunan infrastruktur. Pasalnya jalan ini merupakan akses vital untuk mengangkut hasil perkebunan maupun pertanian masyarakat.

Rerata desa yang jarak tempuhnya jauh dari pusat kota kabupaten, mengeluhkan kondisi jalan yang rusak terlebih jika musim penghujan, masyarakat tidak bisa membawa hasil pertanian dan perkebunan keluar untuk dijual. Sementara jika musim panas, debu akan banyak dijumpai di jalan poros (tanah-red).

Penulis: suci
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved