EDITORIAL

Angin Segar dari Tungkal

AKAN beroperasinya Pelabuhan Roll on Roll off (RoRo) di Kuala Tungkal memberi angin segarbagi aktivitas perekonomian di Provinsi Jambi.

AKAN beroperasinya Pelabuhan Roll on Roll off (RoRo) di Kuala Tungkal memberi angin segar
bagi aktivitas perekonomian di Provinsi Jambi. Begitu beroperasi di bulan ini, pelabuhan yang proses pembangunannya diawali sejak 2002 ini, akan menjadi pelabuhan terdekat dengan daratan Asean, khususnya Singapura dan Johor Malaysia.

Tentu ini membuka peluang perdagangan yang lebih luas cakupannya, terkhusus bagi komoditi ekspor asal Jambi. Ketika komoditas andalan Jambi yang harganya tidak stabil berada di titik terendah, ekpor komoditas lainnya dapat menyelamatkan situasi.

Seperti kelapa sawit, karet, dan batu bara yang harganya tergantung permintaan pasar dunia. Ada kalanya harganya berada di level tertinggi yang membuat petani atau pengusaha tersenyum lega. Namun tidak jarang juga berada di harga terendah, yang sampai mempengaruhi kredit macet di perbankan.

Pelabuhan RoRo Tungkal ke depan diharapkan dapat mengatasi situasi ini karena dapat mempermudah ekspor komoditas lainnya, yang budidaya terus berkembang dan menjanjikan. Sebut saja kopi, pinang, bahkan tidak tertutup kemungkinan produk pertanian.

Sejumlah daerah di Kepulauan Riau dan Riau seperti Batam hingga Kab. Indragiri Hilir (Inhil) mengimpor sayuran segar dari Sumatera Barat ke depan dapat beralih melalui pelabuhan RoRo Tungkal jika komoditas yang sama dihasilkan dari provinsi ini.

Tingginya harga komoditas pertanian di Batam salah satunya disebabkan sarana pengangkutnya melalui jalur udara. Sementara pada beberapa pulau di Kab. Inhil yang masih menggunakan jalur darat, sungai dan laut dapat menghabiskan waktu cukup lama dalam pengiriman. Efeknya tidak hanya kondisi produk yang tak lagi segar, namun harga jualnya juga mahal.

Tentu ini akan menjadi peluang yang mestinya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh petani/pengusaha difasilitasi oleh pemerintah setempat di Provinsi Jambi. Selain produk pertanian, pelabuhan ini diharapkan juga memperlancar transportasi orang dan barang lainnya. Tidak hanya bagi warga Tanjung Jabung Barat tentunya, juga Provinsi Jambi umumnya.

Warga Jambi yang ingin berwisata ke Batam, Singapura hingga Malaysia mendapatkan alternatif sarana transportasi yang lebih lengkap dengan pilihan harga lebih terjangkau tentunya. Begitupun bagi warga Batam, Singapura dan Malaysia dapat menjadikan Tungkal dan Provinsi Jambi umumnya sebagai pilihan tujuan wisata ke depannya.

Tidak hanya untuk wisata, masyarakat tentu juga terbantu untuk kepentingan transportasi lainnya seperti pemberangkat jemaah haji hingga alternatif mudik saat lebaran. Beroperasinya pelabuhan RoRo juga diharapkan menekan harga transportasi impor barang, sehingga memberikan harga produk impor yang lebih terjangkau bagi warga Jambi. Semoga rencana pengembangan rute kapal yang melalui pelabuhan Roro ini segera dapat terwujudkan.(*)

Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved