Wiranto Optimis Pilkada Serentak 2017 Berlangsung Aman

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto optimis jika pelaksanaan Pilkada Serentak tahap dua aman

Wiranto Optimis Pilkada Serentak 2017 Berlangsung Aman
(Warta Kota/Henry Lopulalan)
Mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Wiranto ketika jumpa pres untuk klarifikasi soal dokumen Dewan Kehormatan Perwira (DKP) yang merekomendasikan pemberhentian terhadap mantan Panglima Kostrad, Letnan Jenderal (Purn) Prabowo Subianto, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (19/6/2014). 

TRIBUNJAMBI.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto optimis jika pelaksanaan Pilkada Serentak tahap dua pada Bulan Februari 2017 mendatang berjalan aman.

“Ya kita optimis, jangan kita pesimis dong,” ujar Wiranto di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/1/2017).

Wiranto mengaku optimis lantaran ia telah menerima laporan berupa indikator atau indeks kerawanan pilkada bahwa angkanya menunjukkan penurunan.

“Ternyata kalau kita lihat dari hasil survei mengenai indeks kerawanan pemilu di 101 daerah itu, itu sudah menurun banyak,” kata Wiranto.

Beberapa daerah yang sempat disurvei memiliki tingkat kerawanan yang tinggi, misalnya Aceh, Papua dan Banten pun menurut Wiranto akan berjalan dengan damai dan tertib.

"Aceh. Saya sudah ke sana. Saya ke sana dan saya melihat kesiapan mereka sangat prima. Mudah-mudahan juga kerawanan itu bisa menurun dan mudah-mudahan berlangsung aman dan tertib. Aceh kemudian papua, termasuk Banten," ucap Wiranto.

Wiranto mengatakan penurunan angka pada indeks kerawanan pilkada itu bukan hanya karena perubahan sistem yang dilakukan pemerintah, tetapi juga partisipasi masyarakat.

“Pilkada itu tidak hanya diserahkan ke pemerintah, keberhasilan pilkada itu sebenarnya menyangkut ya semua pihak, apakah itu masyarakat pemilih, apa itu penyelenggara pemilu, apakah aparat keamanannya atau pemerintah yang juga merupakan unsur pertama yang memfasilitasi pilkada itu,” ucap Wiranto.

Editor: bandot
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved