Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Layani 71 Izin, Begini Prosesnya

Proses perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMP2SP) dilakukan secara gratis, sesuai aturan yang berlaku

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu Layani 71 Izin, Begini Prosesnya
Kompas.com/Robertus Belarminus
Ilustrasi: Suasana di sistem pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Rabu (19/8/2015). 

TRIBUNJAMBI.COM - Proses perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu (DPMP2SP) dilakukan secara gratis, sesuai aturan yang berlaku.

Dalam pengurusan izin melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) teknis. Hal ini dikatakan Plt Kepala DPMP2SP, Verry Ardiansyah.

"Perizinan selalu melibatkan SKPD teknis. Jika berhubungan dengan perkebunan maka kelengkapan dokumen nya dilengkapi dari dinas Perkebunan, demikian juga jika berhubungan dengan limbah maka akan melibatkan Badan Lingkungan Hidup," katanya.

Setelah kelengkapan dokumen selesai,kendaraan maka untuk mendapatkan izin harus ke DPMP2SP.

"Kami mengecek kelengkapan dokumen, dan sebelum mengeluarkan izin kami berkoordinasi dengan SKPD teknis, baru setelah nya izin kami keluarkan," bebernya.

Lamanya pengurusan izin, lanjutnya disesuaikan dengan jenis izin nya. "Pengurusan izin disini kisaran 3-7 hari, itu sesuai dengan SOP yang ada. Selain itu, lamanya pengurusan izin juga disesuaikan dengan jenisnya," ujarnya.

Saat ini, DPMP2SP mengeluarkan 71 jenis izin, mulai SIUP, SITU, UKL, IMB, izin usaha walet, kolam pemancingan maupun izin yang lain. "Namun untuk izin pertambangan, galian C, dan beberapa izin yang besar lainnya bukan lagi kewenangan kami namun pusat atau provinsi," ujarnya.

Penulis: suci
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved