Din Syamsuddin Serukan Intensifkan Dialog Antar Kelompok Agama

etua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menegaskan tantangan kemajemukan di Indonesia kian berat

Din Syamsuddin Serukan Intensifkan Dialog Antar Kelompok Agama
AGUS SUSANTO
Din Syamsuddin 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Din Syamsuddin menegaskan tantangan kemajemukan di Indonesia kian berat dan kompleks.

Salah satu penyelesaian yang harus jadi fokus semua pihak, kata dia, adalah meningkatkan dan mengintensifkan dialog antarkelompok, terutama agama.

"Kita berkeyakinan dengan ketulusan berdialog untuk adanya jalan keluar kita akan bisa mencari solusi yang terbaik bagi bangsa ini. Karena kita sudah punya nilai dasar yang kita sepakati bersama. Bhinneka Tunggal Ika, Pancasila, UUD 1945, dan NKRI," kata Din seusai diskusi bertajuk Tantangan Merawat Kebangsaan Indonesia di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Kamis (29/12/2016).

Menurut Din, sangat beralasan jika masyarakat Indonesia khawatir terhadap ancaman radikalisme, fundamentalisme dan ekstremisme karena semua itu benar-benar nyata.

Namun, bangsa Indonesia yang besar idealnya dijadikan kekuatan untuk bersatu. "Harus ada kerja sama lintas agama, suku, sektoral, profesi," tuturnya.

Din mengatakan, dirinya sebagai bagian dari organisasi masyarakat keagamaan akan menjalankan tugas sesuai porsi. Semisal, dengan meningkatkan dialog antar agama.

"Sebelumnya sudah kami lakukan. Mungkin akan saya prakarsai lagi dialog nasional Islam-Kristen. Saya percaya, the power of dialog menjadi salah satu cara menyelesaikan masalah ini," tutur Ketua Umum PP Muhammadiyah dua periode itu.

Editor: nani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved