Kuliner

GALERI FOTO: Di Sini, Kelezatan Rendangnya Terkenal Hingga ke Manca Negara

RENDANG menjadi salah satu sajian istimewa bagi masyarakat Indonesia, citarasanya yang pedas, manis

GALERI FOTO: Di Sini, Kelezatan Rendangnya Terkenal Hingga ke Manca Negara
TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO

TRIBUNJAMBI.COM - RENDANG menjadi salah satu sajian istimewa bagi masyarakat Indonesia, citarasanya yang pedas, manis dan gurih, memang tak ada duanya.

Tak heran jika menu asal Minang ini menjadi satu diantara deretan makanan terenak di dunia. Bicara soal rendang, di Kota Jambi ada satu rumah makan yang punya sajian rendang yang enak.

Rumah Makan Cahaya Minang yang terletak di jalan Sumatera, persis di simpang DB Kota Baru ini terkenal punya rendang yang enak. Bahkan kelezatan rendang buatannya sudah sampai ke Inggris, Singapura hingga Makkah.

22122016_RENDANG

“Kalau di Indonesia, sudah kemana-mana,” kata Feby, pemilik Rumah Makan Cahaya Minang.

Meski rendang bisa disimpan hingga beberapa minggu, tetapi rendang di Cahaya Minang selalu dibuat baru, dari daging sapi segar setiap harinya. Menu yang kaya rasa rempah ini dimasak dengan santan murni, dan rasanya mmmmmm...juara.

“Kita lebih banyak menggunakan santan ketimbang penyedap. Kalau pakai banyak santan itu baunya lebih wangi,” jelas Fatkhul, chef sekaligus manajer operasional rumah makan Cahaya Minang.

22122016_NASI KOTAK

Jadi tidak heran, jika banyak pelanggannya yang pesan nasi bungkus minta ditambahkan kuah rendang.

Selain rendang, ayam goreng telur juga jadi favorit di Cahaya Minang. Sesuai namanya, ayam goreng ini dibuat dengan balutan telur ayam.

Rasanya garing di luar tapi lembut daging ayam di dalamnya. Saking garingnya balutan telur, menu ini jadi umum disebut ayam goreng kremes.

22122016_MENU2

Tak hanya itu menu ayam goreng kremes juga menjadi andalan, ayam yang digoreng garing ini selalu dihidangkan dengan sambal terasi. Anda yang mencobanya akan menemukan kombinasi rasa gurih, pedas, manis, garing yang menyatu dalam lembutnya daging ayam.

Di rumah makan ini, menu ayam kremes jadi primadona para pengunjung. Apalagi di Jambi, hanya dua rumah makan yang menghidangkan ayam kremes.
Ada belasan macam olahan menu dari ikan, ayam, telur dan daging yang patut Anda coba di sini.

Hasil olahan tangan Fatkhul ini akan menguji ketajaman indra perasa Anda dalam menikmati menu Minang. 12 tahun bergelut di dapur Minang, membuatnya tahu bagaimana rasa yang diinginkan lidah pelanggan.

Selain ayam goreng kremes, ayam pop juga punya banyak penikmat. Ayam pop umum disajikan rumah makan Minang di Jambi, tapi soal rasa, ayam pop buatan Fatkhul tidak umum. Untuk memberikan sensasi rasa yang beda, Ia menambahkan sambal cabai merah sebagai penyanding.

Fatkhul menggunakan minyak kelapa untuk memasak sambal, itulah yang membuat rasa sambal buatan Fatkhul begitu beda.

“Kalau pakai minyak sawit, rasanya tidak bisa begitu, minyak kelapa pengaruh rasanya,” jelasnya.

Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved