BRI dan Mandiri akan Akuisisi Bisnis Baru Tahun 2017

Beberapa bank badan usaha milik negara (BUMN) sudah menyiapkan rencana pertumbuhan anorganik

BRI dan Mandiri akan Akuisisi Bisnis Baru Tahun 2017
KONTAN/CHEPPY A. MUKHLIS

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Beberapa bank badan usaha milik negara (BUMN) sudah menyiapkan rencana pertumbuhan anorganik untuk kerja tahun 2017. Selain penambahan modal ke anak usaha, bank BUMN juga sudah menyiapkan rencana akusisi.

PT Bank Mandiri Tbk, misalnya, akan menambah modal ke beberapa anak usaha. Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri, bilang, suntikan modal akan tertuju ke bebeapa anak usaha seperti Mandiri Utama Finance (MUF), Bank Mantap dan Bank Syariah Mandiri. “Jumlahnya bervariasi tergantung kebutuhan masing-masing,” ujar Tiko, panggilan akrabnya, Senin (19/12).

Untuk Bank Syariah Mandiri pada tahun depan juga akan direncanakan untuk dilakukan penambahan modal. Hal ini dilakukan salah satunya dengan right issue untuk menjaga rasio kecukupan modal (CAR) berada dilevel 13%.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mengaku tahun depan bank menganggarkan alokasi dana sebesar Rp 2,5 triliun sampai Rp 3 triliun. “Untuk suntikan anak usaha sebesar Rp 2 triliun sedangkan sisanya adalah untuk akusisi,” ujar Haru Koesmahargyo, Direktur Keuangan BRI, Senin (19/12).

Haru mengatakan setelah holding, BRI berencana untuk mengakusisi Bahana Sekuritas untuk masuk menjadi anak usaha. Namun terkait hal ini masih dibahas di Kementerian BUMN.

Untuk suntikan ke anak usaha Rp 2 triliun tercatat diantaranya adalah untuk BRI Syariah, BRI Finance, masing-masing sebesar Rp 500 miliar. Sedangkan untuk BRIngin Life, BRI berencana untuk menyuntik anak usaha sebesar Rp 1 triliun.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved