Breaking News:

Ternyata Coklat Hitam Khasiatnya Turunkan Risiko Stroke dan Meningkatkan Sirkulasi Darah

TRIBUNJAMBI.COM-Semakin banyak studi yang menunjukkan kalau cokelat, terutama antioksidan dalam cokelat

TRIBUNJAMBI.COM-Semakin banyak studi yang menunjukkan kalau cokelat, terutama antioksidan dalam cokelat hitam, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Makanya tak heran kalau makanan dimasuk ke dalam superfoods oleh banyak ahli gizi. Alasan utamanya, cokelat hitam mengandung flavonoid yang memiliki keistimewaan bagi tubuh kita. Nah, berikut manfaat dari cokelat hitam:

1. Menurunkan risiko stroke 

Menurunkan risiko stroke
Para peneliti dari Finlandia menemukan suatu kejaiban cokelat hitam bagi tubuh. Menurut penelitian mereka, ternyata cokelat hitam dapat menurunkan risiko seseorang untuk terserang stroke. Mereka mengatakan, konsumsi cokelat sebanyak 63 gram/minggu dapat menurunkan risiko untuk terserang stroke. Selain itu, penelitian tambahan mengatakan bahwa orang yang memakan cokelat juga dapat mengurangi stroke sebanyak 20 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak memakan cokelat.

2. Baik untuk jantung dan selnya 

Baik untuk jantung dan selnya
Sebuah studi menujukkan orang yang memakan cokelat hitam, memiliki sistem kardiovaskular yang baik. “Memakan cokelat merupakan bagian dari strategi untuk menurunkan risiko peyakit jantung” ujar T. Jared Bunch, MD, ahli jantung di Intermountain Medical Center Heart Institute di Murray, Utah, US.l

Selain itu, cokelat hitam juga masuk ke dalam 10 makanan yang mengandung banyak antioksidan. Di dalam  cokelat hitam terkandung bioaktif flavanols dan theobromine, yang memiliki efek positif pada sel-sel jantung dan pembuluh darah kita. (Baca juga: Cokelat Hitam Cegah Penyakit Jantung)

3. Meningkatkan Sirkulasi darah 

Meningkatkan sirkulasi darah
Penelitian oleh Journal of the American Heart Association mengatakan, cokelat hitam dapat membantu orang yang memiliki peripheral artery disease (PAD). Penyakit arteri perifer ini dapat mengurangi aliran darah ke lengan dan kaki, sehingga pasien sering memiliki kram yang menyakitkan. Bahkan, terkadang sulit untuk berjalan. Usut punya usut, cokelat yang digunakan dalam penelitian berisi lebih dari 85 persen kakao dan kaya akan senyawa aktif yang dikenal sebagai polifenol.

4. Menurunkan tekanan darah 

Menurunkan tekanan darah
Cokelat hitam dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan (menurut uji coba analisis yang diterbitkan Cochrane Review). Peneliti membandingkan orang yang mengonsumsi cokelat hitam dengan kelompok lain, cokelat putih misalnya. Hasilnya, tekanan darah sistolik dan diastolik mengalami penurunan, pada orang yang memakan cokelat hitam.

5. Meningkatkan kekuatan memori 

Meningkatkan kekuatan memori
Lupa meletakan kunci atau barang lainnya ketika hendak pergi ke luar rumah? Selidik punya selidik, cokelat hitam dapat membantu kita untuk mengatasi masalah itu. Kok bisa? Menurut sebuah penelitian, antioksidan yang disebut flavanols dalam cokelat hitam, dapat membantu meningkatkan kinerja otak. Tepatnya daerah otak yang bertanggung jawab dalam hal mengingat.

Dalam studi tersebut, para perserta studi diharuskan untuk melakukan diet flavanols dari kakao mentah yang disebut epicatechin. Setelah tiga bulan menjalani diet itu, mereka mencetak skor yang signifikan dalam tes kekuatan memori daripada kelompok kontrol (orang yang tidak melakukan diet  flavanols).                                                                                                                    

Sumber : everydayhealth.com


Author :Ilham Pradipta M.

Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved