Batanghari Targetkan 385 Hektare Tanaman Jagung

Selain padi, tahun ini Kabupaten Batanghari juga mengalokasikan anggaran untuk penanaman jagung

Batanghari Targetkan 385 Hektare Tanaman Jagung
TRIBUNJAMBI/KURNIA PRASTOWO ADI

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Selain padi, tahun ini Kabupaten Batanghari juga mengalokasikan anggaran untuk penanaman jagung dan ditargetkan sebesar 385 hektare lahan untuk ditanam jagung.

"Oleh Pemda dibantu untuk pengadaan benih seluas 300 hektare. Untuk penanaman jagung baru dimulai tahun ini, tahun sebelumnya tidak ada target penanaman jagung untuk Kabupaten Batanghari," kata Kabid Produksi Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Isnen.

Sesuai program pemerintah pusat, yakni penanaman Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai), tahun ini juga ditargetkan penanaman kedelai, namun hanya 700 hektare targetnya.

"Program pemerintah pusat untuk menanam Pajale, untuk itu tahun ini dialokasikan untuk penanaman 3 tanaman tersebut. Namun untuk tanaman pangan lain, yakni ubi kayu, ubi jalar, kacang hijau dan kacang tanah tapi ada, dan selama ini kami membina kelompok tani (Poktan) di Kecamatan, " ujarnya.

Tahun 2015, target penanaman padi baik padi sawah maupun padi ladang di Kabupaten Batanghari ditetapkan sebesar 10.540 hektar, ditahun ini target ini dikurangi menjadi 8.830 hektare.

Pengurangan ini, menurut dilakukan karena realisasi ditahun 2015 hanya 7.918 hektar saja. "Realisasi penanaman padi ditahun 2015, sekitar 7.918 hektar. Ini terjadi karena tahun lalu terkena anomali iklim dan kemarau yang cukup panjang, sehingga terjadi gagal panen sekitar 2.406 hektar lahan yang tersebar di 8 Kecamatan, " katanya.

Atas pertimbangan ini, Kementerian Tanaman Pangan (Kementan) menurunkan target penanaman padi menjadi 8.330 hektar.

"Dari target itu, Pemda Batanghari melalui APBD 2016 membantu untuk pembelian bibit," lanjutnya.

Penulis: suci
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved