Segera Dibantu 40 Ribu Kelas Baru untuk Sekolah Negeri dan Swasta

TRIBUNJAMBI.COM, YOGYAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyediakan

TRIBUNJAMBI.COM, YOGYAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyediakan 40.000 bantuan kelas baru. Bantuan ini tidak hanya untuk sekolah negeri tetapi juga sekolah swasta.

"Tahun ini kami akan menyediakan sekitar 40.000 bantuan kelas baru," ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dalam pembukaan Kongres XXI Persatuan Tamansiswa di Pendapa Agung Tamansiswa Yogyakarta, Selasa (6/12/2016). 

Dia mengungkapkan, bantuan ini nantinya tidak hanya untuk sekolah negeri saja, tetapi juga sekolah swasta yang ada di Indonesia.

Menurut dia, saat ini tidak pas lagi membedakan sekolah negeri dan swasta. Sebab jika sekolah melahirkan lulusan yang tidak berkualitas, maka yang menanggung bebannya nanti tetaplah negara.

"Kalau sekolah itu melahirkan lulusan tidak mutu, yaitu sebagian besar dilahirkan dari sekolah swasta, nanti yang menanggung beban negara, bukan sekolahnya. Karena negara melahirkan generasi tidak baik," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, tidak ada pilihan lain harus ada perbaikan secara bersama serta menjalin kerjasama antara lembaga-lembaga swasta yang mengelola pendidikan dengan pemerintah.

"Ini saya sampaikan bukan karena biground saya dari perguruan swasta. Tetapi ini bisa dipertanggungjawabkan secara publik, akademik maupun yuridis," tandasnya.

Muhadjir menuturkan, dari hasil turun ke beberapa sekolahan, ia mendapati masih ada yang sekolah yang digunakan untuk dua shift, yaitu bergantian pagi dan siang, sehingga ke depan, sekolah harus hanya satu shift saja.

"Saya sudah turun ke beberapa sekolah, dimana ada sekolah yang pagi dipakai dan siangnya juga dipakai. Nantinya harus hanya boleh satu shift," ucapnya.
Penulis
: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor
: Caroline Damanik

Editor: ridwan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved