Wisatawan Tunda Rayakan Tahun Baru di Gunung Kerinci

Meningkatnya aktivitas Gunung Kerinci, beberapa minggu terakhir ini, membuat ratusan wisatawan yang

Wisatawan Tunda Rayakan Tahun Baru di Gunung Kerinci
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI.COM KERINCI - Meningkatnya aktivitas Gunung Kerinci, beberapa minggu terakhir ini, membuat ratusan wisatawan yang rencananya akan merayakan pergantian tahun di Gunung Kerinci, terpaksa harus dibatalkan.

Dibatalkan paket perjalanan bagi wisatawan ke Gunung Kerinci ini, karena untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diingin bagi wisatawan nantinya. Sebab kegempaan sering terjadi beberapa waktu terakhir.

"Banyak yang membatalkan perjalanan ke Gunung Kerinci, karena informasi saat ini kondisi sedang mengkhawatirkan," ujar Anto, pendaki asal Jambi.

Selain itu, Biro perjalanan wisata, Goes To Kerinci, Rangga, mengakui pihaknya sudah membatalkan paket pendakian Gunung Kerinci, terutama selama Desember hingga pergantian tahun nanti.

"Karena faktor cuaca dan kondisi Gunung Kerinci yang informasi meningkat, makanya paket pendakian ini kami batalkan," katanya kemarin.

Dia menyebutkan, semua biaya yang sudah dibayar oleh wisatawan untuk ke Kerinci, saat ini telah dikembalikan lagi.

"Rencananya ada pendaki dari Jakarta, Makasar, dan Malaysia, serta pendaki dari kota lainnya yang ikut open trip ini," bebernya.

Dia mengatakan, untuk kondisi Gunung Kerinci, berdasarkant edaran dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Kerinci dan Pos Pemantau Gunung Kerinci, pendaki tidak diperbolehkan mendekati bibir kawah, hanya diperbolehkan 3 km dari kawah Gunung.

"Kan sudah ada larangan naik hingga ke puncak, baik dari TNKS maupun dari pos pengamatan Gunung Kerinci," ujarnya.

Sementara itu, Petugas penjaga pos R10 Gunung Kerinci, Danuri, mengakui, untuk kondisi Gunung Kerinci saat ini, masih sering mengeluarkan abu dari dalam kawah gunung.

"Masih mengeluarkan abu, kondisi itu terlihat abu-abu yang nempel diatas atap warga dan juga tanaman warga," katanya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved