Anda Punya Uban di Usia 20-an, Ini Penyebabnya

Akan tetapi jika Anda beruban lebih cepat dibanding anggota keluarga lain, mungkin ada beberapa faktor lingkungan dan gaya hidup yang berpengaruh.

Anda Punya Uban di Usia 20-an, Ini Penyebabnya
Facebook/Ericka Paige Diehl/tomonews.net
Ilustrasi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Selain gen, ada beberapa faktor lingkungan dan gaya hidup yang membuat Anda beruban di usia muda.

Rambut putih atau uban, biasanya mulai muncul ketika seseorang berusia 30 tahunan. Kemunculannya terutama dipengaruhi oleh gen dalam tubuh Anda.

Apabila Anda telah menemukan helaian uban pada usia 20-an, hal tersebut bukan kondisi aneh, terutama jika orangtua Anda ternyata beruban di usia yang cukup muda.

Akan tetapi jika Anda beruban lebih cepat dibanding anggota keluarga lain, mungkin ada beberapa faktor lingkungan dan gaya hidup yang berpengaruh.

Ahli dermotologi Premier Dermatology di San Francisco, Marie Jhin, membeberkan beberapa faktor yang mungkin berperan menyebabkan Anda beruban di usia muda.

Stres berlebih

Selama ini, terdapat perbedaan argumen di antara para ahli tentang hubungan stres dan rambut beruban, namun penelitian yang dilakukan oleh New York University pada tahun 2013 memastikannya. Studi yang diterbitkan di jurnal Nature Medicine itu menemukan bahwa stres dapat menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut.

Efek kondisi medis

Dalam kasus langka, kemunculan uban di usia muda bisa dipicu akibat masalah kesehatan seperti penyakit kelenjar tiroid. Penyakit autoimun seperti alopesia atau vitiligo yang menyerang kulit dan rambut, juga bisa menyebabkan uban di usia muda.

Kekurangan vitamin

Kemungkinan lainnya yang menjadi penyebab kemunculan uban di usia muda ialah kekurangan vitamin B12. Kondisi ini bisa terjadi akibat jenis makanan, atau karena anemia pernisiosa, penurunan sel darah merah akibat usus tidak bisa menyerap jumlah cukup vitamin B12.

Perokok

Merokok bisa menyebabkan penurunan kondisi kulit dan rambut Anda. Faktanya, sudah banyak penelitian yang menunjukkan keterkaitan antara merokok dengan tumbuhnya rambut beruban sebelum usia 30. Anda mungkin tidak bisa melihat kerutan pada kulit kepala perokok, tapi tetap saja, merokok berdampak buruk pada folikel-folikel rambut.

(Lutfi Fauziah. Sumber: Kristine Thomason/Health.com)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved