Home and Garden

GALERI FOTO: Tanaman Hias Lidah Mertua, Mampu Menyerap Bahan Beracun

ANDA penggemar jenis tanaman sanseviera? di Jambi ada beberapa jenis yang bisa Anda koleksi untuk

GALERI FOTO: Tanaman Hias Lidah Mertua, Mampu Menyerap Bahan Beracun
TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO

TRIBUNJAMBI.COM - ANDA penggemar jenis tanaman sanseviera? di Jambi ada beberapa jenis yang bisa Anda koleksi untuk memperindah ruang rumah Anda.

Sansevieria atau lidah mertua adalah marga tanaman hias yang cukup populer sebagai penghias bagian dalam rumah karena tanaman ini dapat tumbuh dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Sansevieria memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing.

Dibanding tumbuhan lain, Sanseviera memiliki keistimewaan menyerap bahan beracun, seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

12112016_LIDAH MERTUA

Toko tanaman milik Rahmat Kurniawan ini satu diantara yang menyediakan berbagai jenis sansevieria. Ada beberapa jenis yang memiliki bentuk berbeda.

Sansevieria lorenty yellow menjadi satu jenis sansiviera yang banyak menghiasi taman rumah. Tanaman ini memiliki daun hijau dengan garis kuning di pinggirannya.

Punya bentuk yang tak jauh beda, ada jenis sanseviera lorenty silver. Jenis ini tidak punya garis kuning dipinggiran daunnya. Ia cenderung memiliki wara perak.

12112016_LIDAH MERTUA2

Selanjutnya ada jenis sansevieria tiger. Seperti namanya, tanaman daun ini punya motif loreng mirip harimau pada sekujur daunnya yang hijau.

Ada punya sansevieria giant. Jenis tanaman ini cenderung punya daun yang besar seperti namanya, giant. Sanseviera jenis ini tidak memiliki banyak corak, keindahannya muncul dari daunnya yang hijau lebar.

Berbeda dengan sansevieria giant, dua jenis sanseviera ini justru menampilkan keindahannya lewat bentuknya yang mungil, sansevieria kirkii brown dan sansevieria kirkii green. Keduanya mempunyai bentuk yang mirip, bedanya hanya warna.

12112016_LIDAH MERTUA3

Satu lagi jenis sanseviera yang memiliki bentuk berbeda, midnight star. Tanaman ini berkembang layaknya bintang. Itu sebabnya ia dinamakan star.

Anda bisa menempatkan tanaman ini sesuai dengan arah pencahayaan dan ruang yang tersedia. Sanseveria juga tidak memerlukan perawatan khusus.

Yang perlu diperhatikan menurit Rahmat Kurniawan adalah, sanseviera cenderung butuh sinar matahari, sebab jika dia berada lama ditempat yang lembab akan timbul jamur yang membuat daunya terlihat kering bahkan busuk.

12112016_LIDAH MERTUA4
Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved