Kuliner

GALERI FOTO: Lumuran Sambelnya, Bikin Anda Langsung Berkeringat di Suapan Pertama

ANDA tahu sate taichan? Di kota besar macam Jakarta, sate taichan lagi booming. Ini karena lumuran sambel cabai

GALERI FOTO: Lumuran Sambelnya, Bikin Anda Langsung Berkeringat di Suapan Pertama
TRIBUN JAMBI/TEGUH SUPRAYITNO

TRIBUNJAMBI.COM - ANDA tahu sate taichan? Di kota besar macam Jakarta, sate taichan lagi booming. Ini karena lumuran sambel cabai yang merah menggoda membuat tampilannya beda dari sate kebanyakan.

Meski menu sate identik dengan bakaran, sate taichan punya ciri dengan tampilannya yang terlihat putih pucat ketimbang kuning kehitaman seperti sate ayam Padang ataupun Madura.

"Ini meski kelihatannya putih, tapi itu sudah masak. Memang itu cirinya," kata Arsal, satu pemilik usaha kuliner sate Taichan Bang Upa, di jalan Soemantri Brojonegoro, Sipin, akhir minggu lalu.

07112016_SATE TAICHAN

Soal kelembutan daging ayamnya tak jauh beda. Perbedaan paling kentara dari sate taichan dengan sate-sate ayam langganan Anda, adalah sambal cabai yang digunakan.

Sambel sate taichan menggunakan 100 persen cabai rawit. "Kita pakai cabai rawit pilihan," kata pria asal Minang ini. Agar rasanya lebih seger, ditambahkan pula air jeruk nipis. "Habis diuleg, cabainya kita tumis," kata Arsal.

Sepiring sate dilumuri penuh dengan sambal cabai. Terbayangkan bagaimana pedasnya?...huuu..Anda akan dibuat mandi keringat usai menyantapnya. Bagi penggemar menu-menu pedas, sate taichan adalah pilihan yang pas. "Kita punya moto si putih yang buat kringatan."

07112016_SATE TAICHAN

Sambal cabai rawit yang merah menggoda itu tidak sekadar memberi sensasi pedas, tetapi juga ada rasa gurih dengan kesegaran air jeruk nipis. Akan tetapi, kesegaran rempah-rempah justru hadir dari minyak sayur yang disiramkan pada piring sebelum sate taichan disajikan.

“Bumbunya itu justru ada di minyaknya itu, minyak sayurnya sudah kita campur dengan rempah-rempah,” kata Arsal.

Untuk mencoba bagaimana pedasnya sambal cabai rawit ini, Anda bisa memesan sate taichan original.

07112016_SATE TAICHAN3

Tapi, bagi Anda yang tidak begitu suka dengan menu-menu pedas, sate taichan ini juga bisa Anda coba dengan lumuran saus lada hitam.

Halaman
12
Penulis: Teguh Suprayitno
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved