Breaking News:

Health and Beauty

Ini Beberapa Faktor Penyebab Bau Mulut

MESKI bukan masalah medis yang gawat, bukan berarti bau mulut bisa diabaikan begitu saja.

Penulis: Teguh Suprayitno | Editor: Fifi Suryani

TRIBUNJAMBI.COM - MESKI bukan masalah medis yang gawat, bukan berarti bau mulut bisa diabaikan begitu saja.

Dokter Gigi di Jambi, drg. Sylvia Fitriani menjelaskan bila bau tidak sedap pada mulut atau halitosis dapat disebabkan banyak faktor.

Bisa karena kesehatan gigi dan mulut, atau juga dari perut karena mengkonsumsi antibiotik dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Bau mulut yang tidak sedap, umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi dan lidah. Ia mengatakan, bahwa di dalam mulut ada 360 jenis bakteri. “Jika bakteri jahatnya lebih banyak, akan timbul bau mulut,” katanya.

Perkembangan bakteri jahat ini bisa disebabkan karena banyak kotoran dalam mulut, misalnya sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan. Sisa makanan yang dibiarkan dalam waktu lama, juga bisa menimbulkan karang gigi.

“Makanan dengan kadar gula yang tinggi juga bisa memicu bakteri jahat berkembang lebih cepat. Kalau gak seimbang, karena bakteri jahatnya lebih banyak, bisa timbul bau mulut," katanya.

Selain itu, gigi tiruan yang jarang dibersihkan juga bisa memicu timbulnya bau tidak sedap pada mulut. Mengkonsumsi makanan yang punya aroma menyengat juga bisa menyebabkan bau tak sedap.

Akan tetapi, aroma mulut yang tidak sedap umumnya muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri. Nah, kondisi ini menyebabkan mulut menjadi kering atau xerostomia.

Sylvia menjelaskan, dalam kondisi tertentu seperti sedang puasa. Air liur akan muncul ketika Anda sedang mengunyah makanan. Dan praktis, air liur akan berkurang saat Anda tidak mengunyah dalam waktu yang lama.

Akibatnya bakteri akan berkembang dan menyebabkan bau mulut. Waktu pagi hari, saat produksi air liur berhenti saat Anda tidur juga menyebabkan timbul bau mulut.

“Faktor umur juga dapat menyebabkan bau mulut. Karena semakin tua, semakin kering mulutnya,” kata ibu dua anak ini.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved