200 Sapi Bakal Dibagikan ke Petani Bungo, Mereka yang dapat ini Syarat-syaratnya

Sebanyak 200 ekor sapi dari PT IPB Lampung, akan dibagikan kepada petani di Kabupaten Bungo untuk menjalankan program penggemukan

200 Sapi Bakal Dibagikan ke Petani Bungo, Mereka yang dapat ini Syarat-syaratnya
blogs.abc.net.au
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Awang Azhari

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Sebanyak 200 ekor sapi dari PT IPB Lampung, akan dibagikan kepada petani di Kabupaten Bungo untuk menjalankan program penggemukan.

‎Jika proses penggemukan yang dijadwal berlangsung 2017 itu sukses, jumlah sapi akan ditambah 5.000 ekor. Ini sesuai MoU Pemerintah Kabupaten Bungo bersama PT IPB beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Bungo, Saiful Azhar ‎menyebut pihaknya segera melakukan verifikasi terhadap petani.

‎Dari verifikasi itu akan didapat data petani yang paling berpotensi ikut program tersebut.

"Tapi verifikasi ini tidak di semua wilayah, kita fokus di daerah sentral ternak kita dulu, seperti Kecamatan Pelepat. Kemudian petani mesti siapkan kandang," kata Saiful kepada Tribun, Selasa (1/11).

Kerjasama ini nanti menggunakan sistem bagi hasil, jika pakan ditanggung perusahaan, sistem pembagian 50/50 setelah dikurangi biaya pakan.

"Tapi jika pakan ditanggung petani, pembagian 40 perusahaan, 60 petani‎."

Waktu penggemukan relatif singkat, empat sampai enam bulan, setelah itu sapi bisa didistribusikan ke pedagang.

"Kita tidak memikirkan lagi akan dipasarkan kemana, itu tanggung jawab perusahaan yang mencari," ulas Saiful.

Diketahui, program ini berawal dari hasil kunjungan Bupati Mashuri dan jajaran beserta unsur Pimpinan DPRD Bungo beberapa waktu yang lalu ke Provinsi Lampung.

Di sana ada kata sepakat antara Pemkab Bungo dan Perusahaan Ternak untuk menjalankan program penggemukan dengan pola bagi hasil tersebut.

Penulis: awang
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved