Banjir Bandang

GALERI FOTO: Korban Hilang saat Banjir Bandang Batang Asai sudah Kembali ke Rumah

Pascabencana banjir bandang yang menerjang sejumlah desa di kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun

TRIBUN JAMBI/HERUPITRA

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Pascabencana banjir bandang yang menerjang sejumlah desa di kecamatan Batang Asai, Kabupaten Sarolangun beberapa hari lalu sempat membuat aktivitas warga terganggu. Tapi empat hari pascabanjir tersebut aktivitas warga sudah kembali normal.

Hal ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Becana Daerah (BPBD) Sarolangun, Mulyadi dihubungi Minggu (30/10).

“Alhamdulillah saat ini aktivitas warga sudah kembali normal seperti biasanya. Memang setelah banjir kemarin, warga butuh waktu setidaknya dua hari untuk membersihkan rumahnya yang terkena banjir,” ungkap Mulyadi.

Mulyadi juga menyebutkan, satu warga yang sempat dilaporkan hilang saat banjir bandang terjadi, kini juga sudah kembali ke rumahnya, satu hari setelah banjir terjadi.

“Warga yang dilaporkan hilang telah kembali. Memang saat banjir bandang menerjang dia sedang mencari ikan, tapi saat itu dia bisa menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi. Kini dia sudah kembali,” tambahnya.

30102016_membersihkan rumah

Diungkapkannya Mulyadi saat ini debit air sungai Batang Asai telah turun. Meski demikian pihaknya masih siaga akan datangnya banjir susulan.

“Kita tetap siaga, apa lagi diwilayah hilir seperti Limun yang kerap terkena banjir bila musim penghujan,” sebutnya, korban banjir telah mendapatkan bantuan.

Bantuan juga datang dari Kodim 0420/Sarko, yang memberkan bantuan sembako kepada korban yang rumahnya terkena banjir.

“Kita berikan langsung kepada korban yang rumahnya terkena banjir. Ada ratusan paket sembako yang kita berikan,” ujar Kasdim Mayor Inf Wakhid.

Kasdim mengatakan, bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat yang sedang mengalami musibah. Serta bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat.

30102016_bersihkan rumah2

“Ini merupakan wujud kepedulian kita,” sebutnya.

Diungkapkannya, bukan hanya bantuan berupa sembako yang diberikan. Pihaknya juga mengirimkan personil untuk mengantisipasi apabila sewaktu waktu bencana alam banjir semakin meluas dan semakin parah.

“Kami Kodim 0420/Sarko siap membantu Pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi bencana alam banjir yang terjadi di wilayah Kabupaten Sarolangun dan Merangin,” tegasnya.

Diketahui banjir bandang yang menerjang Batang Asai mengakibatkan 45 rumah di Desa Bukit Berantai terendam, 3 rumah rusak parah, 1 kantor desa rusak, 1 sekolah PAUD rusak, 1 masjid rusak, 15 hektare sawah terendam, jalan utama longsor, serta puluhan hewan ternak hanyut.

Sedangkan desa Simpang Narso, mengakibatkan bronjong PLTMH rusak, rumah bidan desa rusak, dan 15 rumah warga terendam. Selain itu 1 masjid juga rusak dan jalan utama longsor.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved