Apkasindo Gelar Pelatihan Petani Kelapa Sawit

‎Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit‎ bekerja sama dengan Apkasindo

Apkasindo Gelar Pelatihan Petani Kelapa Sawit
TRIBUN JAMBI/JAKA HENDRA BAITRRI
Ilustrasi pelatihan 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - ‎Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit‎ bekerja sama dengan Apkasindo kembali melakukan pelatihan ‎peremajaan kelapa sawit.

Pelatihan yang dihelat selama lima hari dilaksanakan di Grand Hotel Jambi. Kali ini pesertanya dari petani sawit yang ada di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi.

Ketua Apkasindo Provinsi Jambi Roy Asnawi dalam sambutannya mengatakan bahwa pelatihan yang dilakukan ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh BPDP dengan Apkasindo. 

"Sebelumnya ada Kabupaten Batanghari yang dilatih," kata Roy Asnawi, Selasa (18/10).

Dikatakanya, Kabupaten Batanghari merupakan Kabupaten yang beruntung, sebab dalam 11 Kabupaten Kota yang ada di Jambi, Batanghari cukup dipertimbangkan.

"Se Jambi hanya ada empat kabupaten yang melakukan kegiatan ini, Muaro Jambi, Batanghari, nanti ada Sarolangun dan Merangin," sebutnya.

Dalam pelatihan ini, masyarakat diajarkan cara cerdas menjadi petani. Kemudian bagaimana mendapatkan dana replanting yang disiapkan oleh pemerintah pusat dengan satu hektare sekitar Rp 24 juta.

Setelah dilatih, nantinya petani-petani ini diharapkan bisa menyebar ilmu yang didapat kepada ‎para petani lainnya.

‎Dalam pembukaan pelatihan itu turut hadir perwakilan dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi, Ketua DPRD Provinsi Jambi dan Sekda Kabupaten Batanghari.

Sekda Kabupaten Batanghari ‎H Bahtiar menyambut baik diadakannya acara ini. Katanya, ini semua sangat membantu para petani dalam mengolah lahannya. Apalagi yang sawitnya sudah masa replanting.

Dikatakannya, di Kabupaten Batanghari ada ribuan hektar lahan sawit yang layak direplanting. Dan biaya replanting itu sangat mahal, makanya dengan adanya pelatihan ini maka petani bisa mengambil dana dari pusat yang telah disediakan.

"Kami dari pemerintah sangat mendukung sekali adanya acara ini. Ini sangat membantu petani kita," katanya.

Penulis: muzakkir
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved