Otomotif

Ini Cara agar Oli Kendaraan Matik Anda tak Cepat Encer

BRAND Toyota mulai dikenal di Jambi sejak era tahun 1970an. Teknologi dan inovasi Toyota yang terus dikembangkan.

Penulis: Teguh Suprayitno | Editor: Fifi Suryani
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - BRAND Toyota mulai dikenal di Jambi sejak era tahun 1970an. Teknologi dan inovasi Toyota yang terus dikembangkan.

Satu diantara teknologi baru yang memudahkan dalam berkendara yakni transmisi otomatis.

Sutikna, Workshop Head Toyota Pal X, Jambi menyebut, teknologi transmisi otomatis pada mobil Toyota diciptakan untuk kenyamanan para pengemudi.

“Teknologi matik ini kita ciptakan untuk kenyamanan. Mobil matik itu lebih nyaman, sehingga yang bawapun tenang, karena tenang dan nyaman jadi keselamatan dalam berkendara lebih terjamin,” katanya.

Untuk menjaga mobil matik Toyota dalam kondisi selalu dalam kondisi prima, perawatan mesin dan cara kemudi perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips dari Sutikna yang bisa digunakan para pengguna mobil matik.

Untuk menjaga teknologi transmisi matik pada mobil Toyota bisa bekerja dengan lancar, oli mesin, ketinggian oli transmisi dan tingkat kekentalannya perlu perhatian. Penggantian secara teratur bisa mengurangi tingkat keausan.

“Lakukankanlah penggantian oli sesuai aturan dealer atau sesuai petunjuk pada buku panduan servis kendaraan. Penggantian oli transmisi penting untuk menjaga transmisi bekerja dengan baik,” kata Sutikna. Selanjutnya penggunaan tuas transmisi sesuai dengan kondisi jalan yang dilalui.

Dan saat Anda terjebak dalam kemacetan, hindari transmisi dalam posisi “D” karena dapat menyebabkan kopling cepat rusak.

“Saat mobil berhenti karena macet, kopling itu kerja terus tapi tertahan. Ini kalau dibiasakan akan membuat oli lebih cepet encer. Akan lebih baik hindari kemacetan panjang,” kata Sutikna.

Ia melanjutkan, "Kalau terjebak kemacetan panjang lebih baik posisikan “N” atau “P” parkir.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved