Breaking News:

Ketua DPD yang Baru Harus Secepatnya Mengembalikan Marwah Lembaga

Menurut Asri, siapa pun yang mencalonkan diri dan jika nantinya terpilih sebagai ketua DPD, harus bisa secepatnya mengembalikan marwah

Editor: Nani Rachmaini

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Anggota DPD dari Sulawesi Barat, Muhammad Asri Anas, menilai wajar jika hingga saat ini belum ada satu pun calon yang mendeklarasikan diri menggantikan posisi Irman Gusman sebagai pimpinan DPD.

Sebab, seluruh unsur pimpinan mulai dari ketua hingga wakil memiliki tugas mendesak untuk segera mengembalikan marwah lembaga perwakilan daerah tersebut.

"Ya mungkin itu salah satu alasan teman-teman belum ada yang secara terbuka mendeklarasikan diri sebagai calon pimpinan DPD yang kemudian juga akan menjadi calon ketua DPD," kata Asri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/10/2016).

Namun, Asri mengatakan, tidak ada masalah bila deklarasi dilakukan menjelang masa pemilihan yang akan berlangsung dalam Rapat Paripurna Luar Biasa, Selasa pekan depan.

Menurut Asri, siapa pun yang mencalonkan diri dan jika nantinya terpilih sebagai ketua DPD, harus bisa secepatnya mengembalikan marwah lembaga perwakilan daerah ini.

Ia menambahkan, ketua DPD yang baru juga harus rajin terjun ke daerah dan mengintensifkan komunikasi dengan lembaga negara terkait untuk memperjuangkan aspirasi daerah.

"Siapa pun calonnya nanti harus mau mendengar aspirasi dari para anggota. Mudah-mudahan proses pemilihannya lancar dan mudah-mudahan bisa secara musyawarah-mufakat untuk menunjukkan kesolidan dan kekompakan DPD," kata Asri.

Asri mengaku sejatinya sudah ada beberapa nama yang beredar di bursa pencalonan. Setidaknya ada 12 nama yang mengaku ingin mencalonkan diri.

Mereka adalah M Syukur (Jambi), Hardi Slamet Hood (Kepulauan Riau), Intsiawati Ayus (Riau), Darmayanti Lubis (Sumatera Utara), Ahmad Kanedi (Bengkulu), Hudarni Rani (Bangka Belitung).

Kemudian, Nofi Chandra (Sumatera Barat), Parlindungan Purba (Sumatera Utara), Andi Surya (Lampung), Asmawati (Sumatera Selatan), Fachrul Razi (Namggroe Aceh Darussalam), dan Gafar Usman (Riau).

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved