Kisah Diamond yang Kecewa Berat Lantaran Akun Instagram Berpengikut 134.000 Dihapus

Foto-foto yang dibagikan di Instagram pun dinilainya tak mengandung unsur ketelanjangan yang biasa menjadi alasan di balik penghapusan sebuah akun.

Kisah Diamond yang Kecewa Berat Lantaran Akun Instagram Berpengikut 134.000 Dihapus
Instagram/ danidiamondphotography
Akun Instagram milik Dani Diamond yang sempat dihapus tanpa peringatan ataupun penjelasan. 

TRIBUNJAMBI.COM - Dani Diamond terkejut ketka coba mengakses akun Instagram miliknya, Minggu (11/9/2016) lalu. Akun dengan jumlah pengikut sebanyak 134.000 itu tak bisa dibuka karena sudah dihapus oleh pengelola media photo sharing bersangkutan.

Diamond, pria yang berprofesi sebagai fotografer fashion dan komersil berbasis di kota New York, AS ini mendapati pesan berbunyi “Akun Anda dimatikan karena melanggar ketentuan...”

Dia mengaku sebelumnya tak pernah mendapat peringatan tertulis dari Instagram. Sebab musabab penghapusan akunnya pun tidak diterangkan.

“Saya dan istri saya menelaah ketentuan penggunaan Instagram pada Minggu malam. Kami tak mengerti kenapa akun itu dimatikan,” keluh Diamond dalam sebuah posting di PetaPixel, sebagaimana dirangkum KompasTekno, Kamis (15/9/2016).

Yang jelas, kata Diamond, dia merasa tak pernah melanggar ketentuan dengan melakukan hal-hal seperti spamming atau mengumpulkan “like” palsu.

Foto-foto yang dibagikan di Instagram pun dinilainya tak mengandung unsur ketelanjangan yang biasa menjadi alasan di balik penghapusan sebuah akun.

Diamond merasa kecewa berat lantaran dia sudah bekerja keras untuk mengumpulkan follower sejak pertama membikin akun Instagram, 5 tahun lalu. Dia pun cuma bisa menebak-nebak alasan Instagram.

Ia pun mencoba menghubungi Instagram, mencari tahu kenapa akunnya sampai dihapus. Namun Instagram tak kunjung membalas pesannya.

Dani kemudian menuliskan pengalamannya itu ke situs fotografi PetaPixel. Tulisannya mendapat banyak tanggapan dari sesama rekan fotografer dan pembaca situs tersebut.

Barulah sekitar satu jam setelah tulisannya dipublikasikan oleh PetaPixel, akun Dani Diamond dikembalikan oleh Instagram dan sudah bisa diakses lagi.

Kasus akun instagram yang tiba-tiba dihapus ini bukan yang pertama. Sebelumnya, pada April lalu Instagram pernah menghapus akun milik pengguna gara-gara algoritma filter otomatisnya salah mengira foto kue yang diunggah sebagai payudara wanita.

Akan halnya kasus Diamond, entahlah ada apa di balik penghapusan akun tersebut. Instagram juga belum memberikan penjelasan resmi tentang kejadian ini.
Sumber: PetaPixel

Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved