Parenting

Begini Trik Menghindarkan Anak dari Informasi Keliru tentang Seks

PERKEMBANGAN teknologi yang kian pesat tak luput perhatian anak. Tak sedikit orangtua yang memberikan

Penulis: Teguh Suprayitno | Editor: Fifi Suryani
Begini Trik Menghindarkan Anak dari Informasi Keliru tentang Seks
shutterstock

TRIBUNJAMBI.COM - PERKEMBANGAN teknologi yang kian pesat tak luput perhatian anak. Tak sedikit orangtua yang memberikan anak-anaknya gadget. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa menonaktifkan paket data agar gadget tidak bisa digunakan untuk browshing.

Anda juga bisa memilih mendowload film atau video kesukaan anak lalu menyimpannya di memori, tentu ini akan lebih aman bagi anak. Atau Anda bisa meminta bantuan seseorang untuk memblokir situs-situs yang memungkinkan mendapatkan informasi keliru tentang seks.

“Acara TV sekarang juga banyak menampilkan adegan yang semestinya tidak ditonton anak-anak, orangtua sebaiknya mendampingi jika anak sedang nonton TV,” kata Nina.

Jika anak sudah masuk sekolah SMP dan SMA, pengetahuan tentang seksual bisa mereka dapatkan dari pelajaran biologi yang mereka pelajari di sekolah. Mereka akan tahu jika perempuan punya sel telur dan laki-laki punya sperma.

Kata Nina, anak usia SMP dan SMA lebih rawan, karena rasa penasarannya lebih tinggi. Sehingga dia menyarankan pada orangtua untuk membangun hubungan dan komunikasi yang baik dengan anak.

Dengan begitu orangtua bisa tetap mengontrol anak. “Orangtua jangan menggurui, jangan mematahkan pendapat anak, tapi sebaiknya orangtua memosisikan sebagai sahabat. Jika orangtua terlalu sibuk dan tak punya cukup waktu untuk bersama anak, kualitas hubungan yang harus ditingkatkan,” kata Nina.

Sebagai orangtua juga harus tau lingkungan seperti apa yang jadi tempat anak-anak dalam bergaul, termasuk juga teman anak-anak.

Rumah sebagai tempat berkumpulnya keluarga juga harus dibuat senyaman mungkin agar anak bisa betah di rumah.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved