Inilah Cara Unik Siswa Tetap Fokus Belajar Matematika

Pedal-pedal itu, yang harganya kurang dari 112 poundsterling (sekitar Rp 1,9 juta)

Inilah Cara Unik Siswa Tetap Fokus Belajar Matematika
Shutterstock
Guru matematika. 

TRIBUNJAMBI.COM - Bagi sebagian orang, matematika menjadi pelajaran yang menjengkelkan dan kerap membuat murid tak fokus. Dan itu benar-benar disadari oleh Bethany Lambeth, seorang guru matematika di North Carolina, Amerika Serikat. Bu Guru ini pun punya cara kreatif untuk membuat murid-muridnya fokus di kelas.

Bethany mengajar matemarika untuk tingkat 8 (setara dengan kelas 9, usia 13-14 tahun) di Leroy Martin Magnet Middle School. Untuk membuat gelasnya tetap fokus, ia memasangkan pedal sepeda di kaki-kaki meja murid-muridnya. Dengan begitu, ketika bosan datang menghampiri, mereka bisa menggerakkan pedal itu seolah-olah sedang berjalan-jalan.

Pedal-pedal itu, yang harganya kurang dari 112 poundsterling (sekitar Rp1,9 juta) yang diambil dari gocek pribadi Bethany dan ditambah hibah pendidikan, telah dipasang tahun lalu. Dari pengamatannya, ide ini telah berjalan sesuai dengan apa yang ia inginkan.

“Sebelumnya, mereka menabuh-nabuh mejanya, menjawil temannya yang lain, tapi kini mereka tidak melakukan itu lagi. Energi itu mereka salurkan lewat kaki-kaki mereka,” ujar Bethany kepada WRAL.com. “Telah ada peningkatan besar dalam kualitas siswa-siswa itu.”

Tampaknya para murid juga menyukai temuan Bethany ini. Salah seorang murid bernama Quinn Spear mengaku sebagai sosok yang energik, suka bergerak, dan alat ini bisa menjadi penyalur yang baik untuknya—bayangkan, ia biasa mengayuh hingga 8,8 kilometer sebelum istirahat pukul 10.00.

“Mereka sudah saling menjawil satu dengan yang lain, mereka tidak perlu berjalan-jalan, mereka tidak perlu putar-putar di kelas, mereka bisa memanfaatkan pedal itu dan aktivitas belajar masih tetap berjalan,” tambah Bethany.

(Moh. Habib Asyhad / Metro.co.uk via Intisari-Online)

Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved