10 Fakta Menakjubkan tentang Pembuluh Darah

Tubuh kita diciptakan dan didesain dengan sempurna. Setiap bagian tubuh kita, memiliki keunikanyang luar biasa

10 Fakta Menakjubkan tentang Pembuluh Darah
Shutterstock
Ilustrasi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Tubuh kita diciptakan dan didesain dengan sempurna. Setiap bagian tubuh kita, memiliki keunikanyang luar biasa, tak terkecuali pembuluh darah. Inilah fakta-fakta menakjubkan pembuluh darah manusia.

1. Panjangnya pembuluh darah Anda bisa melingkari Bumi. Meskipun ukuran diameternya relatif kecil, tetapi panjang jaringannya luar biasa. Jika dirurai menjadi garis lurus, pembuluh darah Anda lebih dari 60.000 mil panjangnya, menurut National Institute on Aging (NIA) di AS.

2. Pembuluh darah memompa berjuta-juta barel darah sepanjang umur kita. Setiap hari, jantung Anda memompa sekitar 1.800 galon darah melalui pembuluh darah Anda.

3. Pembuluh darah bekerja sebagai sebuah tim. Ada tiga jenis pembuluh darah yaitu arteri, vena, dan kapiler.

Ketika jantung berkontraksi, darah dipompa ke arteri yang membawanya pergi dari jantung. Arteri terhubung ke pembuluh yang lebih kecil dan berdinding tipis yang disebut kapiler.

Di kapiler, oksigen berpindah dari darah ke dalam sel-sel tubuh. Kemudian vena membawa kembali darah yang sudah terdeoksigenasi ke jantung.

4. Kondisi kesehatan yang serius dapat memengaruhi semua jenis pembuluh darah. Kebanyakan orang akan sadar jika terjadi gangguan pada pembuluh darah besar, misalnya aterosklerosis (pengerasan arties) hingga varises.

Namun, jarang yang menyadari jika ada gangguan pada pembuluh yang lebih kecil. Padahal, gangguan pada pembuluh besar sangat mungkin memengaruhi pembuluh darah yang ukurannya lebih kecil.

5. Pembuluh darah adalah bagian dari sistem pertahanan otak yang penting. Kita memiliki sebuah jaringan yang berisi pembuluh darah dan jaringan sel erat-spasi yang tugasnya membantu menjaga zat berbahaya agar tidak masuk ke otak, kata National Cancer Institute.

Jaringan penghalang ini memungkinkan beberapa zat penting, seperti air, oksigen dan karbon dioksida masuk ke otak, namun menjaga bakteri tetap di luar.

Halaman
12
Editor: edijanuar
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved