Home and Garden

GALERI FOTO: Tips Memanfaatkan Ruang Sempit jadi Taman

SUDAH jadi mimpi banyak orang untuk memiliki rumah besar, halaman luas yang bisa dimanfaatkan untuk kebun bunga

Penulis: Teguh Suprayitno | Editor: Fifi Suryani
TRIBUN JAMBI/HANIF BURHANI

TRIBUNJAMBI.COM - SUDAH jadi mimpi banyak orang untuk memiliki rumah besar, halaman luas yang bisa dimanfaatkan untuk kebun bunga lengkap dengan tanaman buah. Tentunya hal ini begitu menyenangkan.

Namun memiliki rumah mungil dengan halaman yang sempit Anda tetap bisa punya taman bunga lengkap dengan tanaman buah, asal Anda tahu bagaimana menatanya.

Keterbatasan halaman Anda bisa memanfaatkan lahan seluas kamar tidur di depan atau di belakang rumah untuk taman bunga dan buah. Caranya, Anda bisa buat rak-rak bunga untuk menyusun bunga-bunga dalam pot-pot kecil.

Anda juga bisa membuat susunan rak dengan model vertikal untuk menaruh kembang-kembang kesayangan Anda. Susunan model ini praktis tak menyita banyak ruang, sehingga halaman Anda yang sempitpun tidak terlihat sesak. Jika Anda ingin punya tanaman buah di halaman rumah yang sempit, Anda bisa menanamnya dalam pot.

“Kalau ditanam dalam pot, batang pohonnya tidak akan sebesar jika ditanam langsung di tanah, jadi yang ingin berkebun tetap bisa meski ruangnya sempit,” kata Andri, pengelola Tunggul Semi Nurseri di jalan Agus Salim, 56A, Kotabaru.

Tanaman buah yang ditanam dalam pot, tidak hanya dapat mempercantik ruang tanam rumah, tetapi Anda pun bisa menikmati hasil buahnya. Beberapa jenis tanaman buah yang bisa Anda tanam seperti jambu air, mangga, kelengkeng, jeruk, belimbing, rambutan hingga pohon sawo. Tanaman buah ini bisa Anda tanam dalam pot plastik atau karet berdiamter 70 sentimeter.

Untuk ruang berukuran 3x3 atau 2x4, Anda bisa mengaplikasikan dua hingga tiga tanaman buah dalam pot. Anda bisa mengatur posisi pot agar tanaman buah terlihat indah dan mendapatkan jarak ideal. Ini penting untuk pertumbuhan dan kesuburan tanaman. “Kalau jaraknya terlalu dekat, apalagi rantingnya sampai tumpang-tindih, itu bisa timbul kutu atau belalang,” jelas Andri.

Beberapa jenis tanaman buah juga bisa Anda dapatkan di Tunggul Semi Nurseri, ada Jambu Air Citra, Jambu Air Black King Kong, Jambu Air Dalhari, Madura Hijau, Madu Delhi, King Rose Apple, Kancing Merah, Tiwan Green Super, Thailand Green, Jambu Air Irung Petruk, hingga Jambu Air Mayang Mangurai asli Jambi.

Untuk pemula yang tidak ingin terlalu repot melakukan perawatan, Anda bisa memulainya dengan menanam buah mangga Chokanan. Jika Anda masih bingung bagaimana merawat tanaman buah, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan Andri. Tidak perlu khawatir, karena Anda tidak akan dipungut biaya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved