Tax Amnesty

BCA Kantongi Tebusan Tax Amnesty Rp 450 Miliar

PT Bank Central Asia Tbk telah mencatatkan dana tebusan dari program tax amnesty sebesar Rp 450 miliar

BCA Kantongi Tebusan Tax Amnesty Rp 450 Miliar
KONTAN/DANIEL PRABOWO

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk telah mencatatkan dana tebusan dari program tax amnesty sebesar Rp 450 miliar per Jumat (19/8). Dana hasil pengampunan pajak itu berasal dari dalam maupun luar negeri.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakakan, untuk repatriasi merupakan jenis dana yang belum bisa diperkirakan jumlah dan kapan periode masuknya. Namun yang jelas, pada tahap pertama diperkirakan tidak akan terlalu banyak yang dana yang masuk ke sistem perbankan.

"Biasanya mereka hitung-hitungan dulu baru nanti tahap dua atau tiga bisa masuk," ujar Jahja, Senin, (22/8).

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menetapkan 18 bank persepsi untuk menampung dana repatriasi peserta pengampunan pajak. Sejauh ini sudah ada tiga Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang mengatur soal tax amnesty yakni penempatan instrumen investasi di pasar keuangan, tata cara pengalihan harta wajib pajak (WP) ke wilayah NKRI dan pendelegasian wewenang.

Pemerintah juga menambah titik layanan program pengampunan pajak untuk menjaring peserta lebih banyak. Waktu pemberian informasi mengenai program tersebut juga ditambah.

Pemerintah mencatat total 7.874 surat pernyataan harta (SPH) yang masuk hingga 22 Agustus 2016. Harta yang direpatriasi Rp 1,48 triliun. Sedangkan harta deklarasi dari dalam negeri mencapai Rp 37,6 triliun dan deklarasi luar negeri Rp 5,83 triliun. Uang tebusan mencapai Rp 908 miliar atau baru 0,6% dari target Rp 165 triliun.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved