Breaking News:

Ekspor Impor

Ekspor Membaik, Ekonomi Jakarta Bakal Tumbuh 6,3 Persen

Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi di wilayah DKI Jakarta akan berkisar 5,9% hingga 6,3%

Editor: Fifi Suryani
KONTAN/MURADI

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi di wilayah DKI Jakarta akan berkisar 5,9% hingga 6,3% sepanjang tahun 2016. Hal ini ditopang oleh pertumbuhan ekspor terutama dari industri otomotif.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jakarta, Doni P Joewono mengatakan, ekonomi ibukota akan lebih tinggi daripada tahun lalu yang bergerak hanya 5,8% sampai 6,2%. Menurutnya, dari sisi konsumsi atau permintaan domestic akan menjado motor perekonomian Jakarta.

Doni menjelaskan, perdagangan di Jakarta akan tumbuh lantaran daya beli masyarakat meningkat dan konstruksiya membaik. “Beberapa proyek konstruksi sudah mulai berjalan, insdutri pengolahannya tampaknya sudah cukup mulai menampakan geliatnya tidak hanya di domestik karena di ekspor industri otomitif sudah mulai membaik,” jelasnya kepada KONTAN, Jumat (19/8).

BI percaya diri akan pertumbuhan tersebut, menurut data sampai bulan Agustus penjualan mobil sudah mencapai 20.000 unit per bulan dan ini dinilai akan kembali pada normal. Dimana pada umumnya, industry automotif menargetkan penjualan 1 juta unit per tahunnya.

“Tahun 2015 lalau hanya laku 800-900 ribu mobil. Nah 20%-25%nya terjual di Jakarta. Jadi sekarang ini penjualan mobil akan normal kembali,” pungkasnya.

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved