Bank Mandiri Terima Tebusan Tax Amnesty Rp 500 Miliar

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA- Program pengampunan pajak alias tax amnesty mulai mengalirkan dana ke perbankan. Bank-bank persepsi

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA- Program pengampunan pajak alias tax amnesty mulai mengalirkan dana ke perbankan. Bank-bank persepsi yang ditunjuk menampung dana mulai menerima setoran dana dari para peserta amnesti pajak.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyampaikan, ada sekitar 500 nasabah mendeklarasikan diri untuk melakukan pengampunan pajak. Dari jumlah dana, Bank Mandiri mencatat dana tebusan Rp 500 miliar. Sementara dana repatriasi yang bisa dikumpulkan Bank Mandiri dari tax amnesty berjumlah Rp 5 triliun.

"Untuk dana repatriasi ini ada yang masuk ke deposito dan giro," kata Kartika, Selasa (9/8). Namun, Bank Mandiri belum bisa rediksi total dana repatriasi berpotensi mereka jaring.

Direktur Keuangan Bank Rakyat Indonesia (BRI) Haru Koesmahargyo bilang, BRI telah menerima dana tebusan dan dana repatriasi tax amnesty sejumlah total 70 akun. Dari jumlah itu, 68 akun berupa dana tebusan tax amnesty Rp 2 miliar. Dan dua akun lainnya berupa dana repatriasi berjumlah Rp 9 miliar.

Dana repatriasi tersebut sementara ini masih diparkir pada deposito. Haru mengatakan, pihaknya targetkan dana dari tax amnesty yang masuk ke BRI berkisar Rp 50 triliun hingga Rp 60 triliun dalam program pemerintah ini.

Sedangkan, manajemen Bank Negara Indonesia (BNI) menyebut, dana tebusan tax amnesty dari para wajib pajak sampai saat ini mulai mengalir. "Ada 334 transaksi senilai Rp 18,5 miliar," kata Direktur Utama BNI Achmad Baiquni dalam pesan singkatnya kepada KONTAN.

BNI sendiri targetkan bisa menjaring dana dari tax amnesty Rp 70 triliun. Bank Bukopin juga sudah menerima aliran dana amnesti pajak. Dalam catatan Rivan A. Purwantono, GM Business Development Bank Bukopin, pihaknya sudah menerima uang tebusan Rp 5 miliar. (kontan)

Editor: ridwan
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved