Tupai Tiga Warna Dibeli Taman Rimba 500 Ribu

Taman Rimba membeli Tupai Tiga Warna untuk menambah koleksi satwa. Tupai ini ternyata sebelumnya

Tupai Tiga Warna Dibeli Taman Rimba 500 Ribu
Tribun Jambi
Tupai tiga warna 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Taman Rimba membeli Tupai Tiga Warna untuk menambah koleksi satwa. Tupai ini ternyata sebelumnya dibeli di Bangka oleh penjual sebelumnya dam dijual ke Taman Rimba seharga 500 ribu.

Sudah dua bulan Yadi membeli Tupai tiga warna dan akhirnya harus dijualnya. Awalnya dia membeli sepasang seharga 1.250.000 rupiah. Namun, dijualnya 500 ribu saja satu ekor.

“Tidak sempat mengurusnya. Takutnya mati,” katanya.

Lantas satu ekornya dijual Yadi seharga 500 ribu dan yang membeli ternyata adalah pihak Taman Rimba.

“Awalnya saya juga tidak tahu bahwa yang membeli Taman Rimba. Soalnya yang jual teman saya,” ungkap Yadi yang bekerja di percetakan ini.

Yadi sendiri menuliskan dalam status facebooknya ucapan selamat tinggal pada peliharaannya ini.

“Semoga kamu bisa menghibur masyarakat Jambi dan lebih terawat,” harap Yadi.

Tupai belang tiga yang mirip dalam kategori Prevost Squirel atau nama latinnya Callosciurus prevostii ini terbilang tidak terlalu mengkhawatirkan populasinya. International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN Red list) mencatat populasi tupai belang tiga ini belum terlalu mengkhawatirkan. Mereka banyak hidup di hutan lindung.

Dalam catatan IUCN tupai belang tiga ini hidup di kawasan utara Thailand, sebagian Malaysia, Sumatera, Borneo dan beberapa pulau kecil di Asia Tenggara.

Setelah dua hari di Taman Rimba, salah satu petugas Taman Rimba mengatakan bahwa tupai tiga warna ini masih belum beradaptasi. Karena itu di dalam kandang bajing kelapa, dia juga ditaruh di kandang kecil berwarna biru muda.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved