Candi Gumpung 2 Tengah Dipugar

"Tahun lalu kita menyelesaikan pemugaran pertama Candi Gumpung 2, yaitu struktur satu. Dan struktur satu ini yang berat, karena itu bangunan utama,"

Candi Gumpung 2 Tengah Dipugar
TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANI
Pemugaran Candi Gumpung 2. 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pemugaran Candi Gumpung di kompleks Pecandian Muarojambi sudah rampung tahap dua. Pemugaran candi ini telah dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi sejak 2015.

Proses tahap kedua ini memakan waktu tiga bulan untuk struktur bangunan 9, 10 dan 11. BPCB melibatkan belasan pekerja dari warga di sekitar kompleks percandian.

"Tahun lalu kita menyelesaikan pemugaran pertama Candi Gumpung 2, yaitu struktur satu. Dan struktur satu ini yang berat, karena itu bangunan utama," kata Sri Mulyati, Kepala Unit Dokumentasi BPCB Jambi, Jumat (5/8).

Kompleks Percandian Muarojambi yang merupakan yang terluas di Indonesia. Sri menambahkan sudah ada sembilan candi yang telah dipugar. Di antaranya, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Tinggi 1, Candi Kembar Batu, Candi Astano, Candi Gedong 1, Candi Gedong 2, Candi Kedaton dan Candi Gumpung 2.

"Untuk Candi Kedaton dan Candi Gumpung 2, masih dalam proses penyelesaian pemugaran," paparnya.

Untuk proses pemugaran, jelas Sri, BPCB menggunakan metode ekspatasi dan rekonstruksi bangunan, yang didapat dari hasil diskusi para Arkeolog. "Semua tukang itu warga sekitar dan pekerja lama, sudah biasa melakukan pemugaran candi di beberapa wilayah," katanya.

Secara menyeluruh, Candi Gumpung 2 mempunyai 12 struktur bangunan. Namun dari 12 struktur itu, yang telah selesai dipugar baru tiga struktur, yaitu struktur 1, 9, 10 dan 11.

Dikatakan Sri Mulyati, saat ini bentuk bangunan di Candi Gumpung 2 tersebut masih menggunakan angka untuk penamaan struktur bangunan. "Untuk memastikan nama struktur bangunan itu perlu literatur dan instrumen lainnya, sehingga saat ini untuk penamaan struktur bangunan di Candi Gumpung 2 itu kita masih menggunakan struktur angka," katanya.

Pascapemugaran, akan ada evalusasi dan terus dilakukan penanganan tetap secara rutin yang diserahkan kepada pihak juru pelihara (jupel). "Setelah pemugaran itu, pihak juru pelihara akan memantau terus dengan merawat dan membersihkan di kawasan candi," katanya.

BPCB Jambi, pada 2017 akan memugar lagi Candi Gumpung 2 tahap tiga, setelah proses studi kelayakan, pendataan dan menentukan volume studi teknis itu selesai dilaksanakan. "Dimulai lagi tahun depan pemugaran tahap selanjutnya. Sasaran pemugarannya yaitu di sisi selatan bangunan induk Candi Gumpung 2," katanya.(

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: duanto
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved