Sosok Sukses

Kata General Manager Swiss-Belhotel Jambi, Sukses Bukanlah Tujuan

SUKSES tidak bisa diukur dari tingginya jabatan dan gelar seseorang. Karena sukses itu adalah bagian dari sebuah

Laporan wartawan Tribun Muzakkir

SUKSES tidak bisa diukur dari tingginya jabatan dan gelar seseorang. Karena sukses itu adalah bagian dari sebuah perjalanan hidup. Paling tidak, pendapat itu dikemukakan General Manager (GM) di Swiss- Belhotel, Ivan Bakara dalam percakapannya dengan Tribun, Rabu (20/7) kemarin.

Bagi Ivan, demikian dia disapa, jabatan General Manager yang dipegangnya sekarang belumlah bisa dikatakan sukses. Pria kelahiran Jakarta awal Juli 1968 ini ia blak-blakan berkisah panjang lebar tentang masa lalunya. Katanya, ia mempunyai masa lalu cukup memprihatinkan. Ia pernah menjadi tukang cuci piring, dan loper koran di lampu merah.

Bertolak dari sana, ia bertekad untuk tidak hidup susah hingga tua kelak. Usaha demi usaha dilakukan dan akhirnya menjadi seperti saat ini. Kini Ivan dipercaya Nahkodai hotel bintang empat yang berskala Internasional di Kota Jambi.

Perjuangan hidupnya sangat berat. Waktu duduk di bangku kelas 1 SMA, ia sudah ditinggal ayahnya dan terpaksa hidup bersama ibu serta beberapa saudaranya. Setelah menyelesaikan bangku SMA, ia kuliah mengambil jurusan perhotelan di Bandung. Pernah bekerja di kapal
pesiar dan menetap di Amerika lima tahun.

Nah tepat 1995 dia pulang ke tanah air dan mulai berkarier di Indonesia. Awalnya ia bekerja di hotel dengan jabatan sebagai trainer. Setelah itu menjadi supervisor, asisten restoran, asisten GM dan sekarang GM.

"Kalau ngitung jabatan banyak sekali. Bahkan daerah yang saya pernah tempati juga sudah banyak. Mulai dari Papua, Balikpapan, Surabaya, Bali, Palembang, Semarang, Jakarta dan terdampar di Jambi," kata Ivan, Rabu (20/7).

Pria dua anak ini mengaku pekerjaan adalah nomor satu, sebab tanpa pekerjaan, mustahil dia seperti sekarang. "Kita harus tekun. Betul sudah menjadi atasan, tapi ada yang lebih di atas kita lagi," sebutnya. Prinsifnya adalah raihlah langit sekuatnya walaupun itu mustahil. Sukses bukan tujuan, sukses itu adalah perjalanan.

Kepada anak muda di Jambi, ia berharap agar mereka tak pernah hilang semangat untuk berkarier. Terus berjuang hingga waktu akan menjawab semuanya."Kalau gagal, kita jangan putus asa. Kejarlah sesuatu bak meraih langit. Mustahil tapi yakin suatu saat akan sampai," sebutnya. (muzakkir)

Penulis: muzakkir
Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved