Pelonco dan Bentak Peserta Didik bukan Cara Menumbuhkembangkan Anak

Hari pertama masuk sekolah besok, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmat Derita berharap

Pelonco dan Bentak Peserta Didik bukan Cara Menumbuhkembangkan Anak
TRIBUN JAMBI/TOMMY KURNIAWAN
Rahmad Derita saat meninjau UN 

TRIBUNJAMBI.COM - Hari pertama masuk sekolah besok, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmat Derita berharap pihak sekolah tidak menggelar kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) kepada siswa baru. Karena surat edaran dari pemerintah pusat sudah dilayangkan kepada seluruh Kepala Dinas di Indonesia.

"MOS ditukar menjadi pengenalan lingkungan sekolah, jadi jangan ada pelonco tidak jelas yang membuat trauma kepada anak," ujar Rahmat.

Ia berharap pihak sekolah khususnya guru mampu memberikan pengembangan positif bagi siswa baru selama tiga hari perdana masuk sekolah.

"Seperti penjelasan ruang kesenian atau ruang laboratorium, kan siswa yang sebelumnya dari SD belum mengenal ruang semacam itu, ya diberikan penjelasan bagaimana di sana. Jadi mereka ada keinginan dan bisa memilih untuk naik ke kelas dua ke depanya," katanya.

Ia menegaskan bagi pihak sekolah yang kedapatan melakukan peloncoan kepada siswa baru akan ditindak lanjuti dan diberikan sanksi.

"Kalau bisa kita non jobkan saja. Untuk apa kerja kalau arahan di atas tidak dilaksanakan. Ingat, jangan ada pelonco atau bentak-bentakan. Cara menumbuhkembangkan anak tidak boleh seperti itu," tegasnya.

Terlalu Lama

Sementara itu Kepala Ombudsman Jambi, Taufik Yasak menyatakan PNS yang mengantar anak ke sekolah boleh-boleh saja tapi bukan untuk seterusnya. Menurutnya jika anak baru masuk TK ataupun SD mungkin sah-sah saja, namun tentunya ini tak efektif untuk tingkat SMP ataupun SMA.

Pembatasan mengantar sampai jam 9 sebenarnya cukup efektif meskipun dinilai terlalu lama. Menurutnya yang perlu dikaji adalah bagaimana agar pelayanan publik tidak terganggu.

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved