Incar Dua Bank, BCA Siapkan Dana Rp 2 Triliun

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyiapkan dana berkisar Rp 1,5 triliun hingga Rp 2 triliun untuk mencaplok

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA- PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyiapkan dana berkisar Rp 1,5 triliun hingga Rp 2 triliun untuk mencaplok dua bank kecil. Rencana akuisisi ini masih dalam proses penjajakan untuk memilih perusahaan yang cocok untuk BCA.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, mulai Juli 2016, BCA akan melakukan pemilihan terhadap perusahaan yang memiliki kriteria dan visi misi yang sama. "Kami tidak menentukan kriteria khusus, tapi mereka punya pengalaman bisnis dan yang pasti bagus dan murah," ujarnya, Selasa ( 21/6).

Menurutnya, bank yang akan dibidik merupakan bank umum kegiatan usaha (BUKU) satu dengan modal inti dibawah Rp 1 riliun. Bank berkode saham BBCA ini juga mengincar bank kecil yang memiliki fokus di segmen ritel. "Kita pengalaman di bisnis, jadi bank yang kita sasar memang yang fokus di ritel," jelas Jahja.

Dengan melakukan akuisisi, dua bank tersebut rencananya akan dijadikan bank khusus untuk menggarap segmen ritel atau Usaha Kecil Menengah (UKM). Namun, dalam melakukan proses akuisisi ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Jahja mengatakan, sebagai langkah awal untuk menjajaki segmen mikro, BCA juga berencana jadi bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan target penyaluran KUR sebesar Rp 1 triliun. (Arsy Ani Sucianingsih)

Editor: ridwan
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved