Menteri Perdagangan Terbitkan Izin Impor Daging Sapi ke Swasta

Pemerintah menempuh berbagai cara agar harga kebutuhan pokok saat puasa dan Lebaran bisa ditekan.

Menteri Perdagangan Terbitkan Izin Impor Daging Sapi ke Swasta
TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Jelang puasa Ramadan harga daging di pasar tradisional Angso Duo Jambi mencapai Rp 130 ribu 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTTA - Pemerintah menempuh berbagai cara agar harga kebutuhan pokok saat puasa dan Lebaran bisa ditekan. Salah satunya adalah dengan membuka kembali keran impor daging sapi yang selama setahun belakangan ini diberikan kepada BUMN ke swasta.

Thomas Lembong, Menteri Perdagangan mengatakan, saat ini pihaknya telah menerbitkan izin impor daging sapi ke swasta sebanyak 23.200 ton. "Ini penting karena tahun lalu ada keputusan rakor menko yang mewajibkan semua impor harus lewat BUMN dan sekarang kami batalkan keputusan tersebut supaya pasokan bisa ditambah dan harga daging sesuai harapan," katanya di Kantor Presiden Selasa (7/6).

Selain ke swasta, agar harga daging saat puasa dan lebaran bisa ditekan di harga Rp 80.000 pemerintah juga sudah mengeluarkan izin impor Daging Sapi ke Bulog sebanyak 10.000 ton. Sampai dengan Juni kemarin, izin impor tersebut sudah dimanfaatkan 1.800 ton.

Amran Sulaiman, Menteri Pertanian mengatakan, selain membuka kran impor tersebut, untuk menekan harga daging pemerintah juga akan gencar menggelar operasi pasar. Selain melibatkan pemerintah, operasi pasar juga melibatkan swasta. "Ada 1.000 ton dengan harga Rp 75.000 per kg," katanya.

Editor: duanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved