Breaking News:

Sejarah Layang-layang, Sempat untuk Ambil Listrik Dari Petir

Ia mencoba aliran listrik menggunakan layang-layang yang diterbangkan ketika terjadinya badai.

Sejarah Layang-layang, Sempat untuk Ambil Listrik Dari Petir
Lukisan yang menggambarkan percobaan Thomas Francois. Sumber gambar: karl-heinz-hentschel.net

LAYANG-LAYANG atau bisa juga kita sebut Layangan memang bukan dari keluarga pesawat terbang, tapi cara kerjanya mirip dengan pesawat glider dan balon udara. Dimana untuk dapat mengangkasa diperlukan termal dan angin.

Sejarah layang-layang memang panjang. Bukti otentik paling tua yang pernah ditemukan menyebut bangsa Tiongkoklah yang pertama kali memperkenalkan layang-layang melalui dua orang filsufnya, Mo Di dan Gongshu Ban pada abad ke 5 SM. Mereka menerbangkan sejenis layang-layang yang terbuat dari daun.

Saat ini hampir setiap negara di dunia memiliki budaya pembuatan layang-layang dengan beragam bentuk dan kegunaanya. Salah satu yang paling terkenal adalah saat Benyamin Franklin tahun 1750. Ia mencoba aliran listrik menggunakan layang-layang yang diterbangkan ketika terjadinya badai. Dan uji coba ini dua tahun kemudian diulang oleh seorang Perancis Thomas Francois Dalibard.

Sekarang ini kebanyakan layang-layang hanya digunakan sebagai sarana rekreasi walaupun ada juga yang digunakan untuk perlombaan dan balet udara. Di Indonesia sendiri yang terdiri dari ribuan pulau memiliki banyak sekali bentuk layang–layang.

Salah satunya yang khas adalah layang-layang asal Bali. Bahkan di beberapa daerah seperti kepulauan Seribu, Jakarta banyak nelayan yang mengunakan jasa layang-layang yang kadang-kadang dibuat dari daun jati untuk memancing ikan cendro (Tylosurus Crocodilus) dimana dikalangan para pemancing tehnik ini biasa disebut ngoncer. Sayang, sejak 10 tahun belakangan lomba layang-layang sudah mulai meredup di Indonesia.(Remigius Septian & Harzan Dj)

Sumber: Angkasa 

Editor: Edmundus Duanto AS
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved