Inilah Lima Tanda Kalau Tubuh Kekurangan Vitamin

TRIBUNJAMBI.COM--Salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah tercukupinya kebutuhan vitamin. Tanpa vitamin, tubuh

TRIBUNJAMBI.COM--Salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah tercukupinya kebutuhan vitamin. Tanpa vitamin, tubuh akan gagal menjalankan perannnya dengan baik. Akibatnya, sederet masalah kesehatan pun akan muncul. Lalu, bagaimana caranya untuk mengetahui kekurangan vitamin dalam tubuh?

1.Kuku yang rapuh

Ketika tubuh kekurangan zat besi , terdapat beberapa bagian tubuh yang menjadi pucat dan lemah. Nah, salah satunya adalah kuku jari. Wanita yang mengalami pendarahan banyak saat menstruasi, memiliki risiko yang besar untuk kekurangan zat besi.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, wanita premenopause memerlukan 18 miligram zat besi tiap harinya. Sedangkan wanita postmenopause memerlukan 8 miligram.

2. Tekanan darah yang terlalu tinggi

Jika hal itu terjadi, mungkin tingkat vitamin D yang terkandung dalam tubuh sangat rendah. Menurut penelitian, asupakan vitamin D dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Akibatnya, kekurangan vitamin D dapat meningkatkan risiko hipertensi. Kita bisa mendapatkan vitamin D melalui makanan seperti ikan todak, salmon, susu, dan jus jeruk, jamur yang terpapar sinar UV, seperti jamur monterey.

3. Tekanan darah terlalu rendah

Ternyata kekurangan vitamin juga bisa ditandai dengan hal ini. Tepatnya difisiensi vitamin B12 dalam tubuh. Vitamin ini larut dalam dalah air, serta mempengaruhi saraf dan membawa tekanan darah kembali normal. Selain itu, kekurangan B12 juga ditandai dengan kelemahan otot.

Setidaknya orang dewasa memerlukan 2,4 mikorgam B12 setiap harinya. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini kita bisa mengonsumsi ikan trout, kerang, salmon, daging sapi, susu, dan telur.

4. Otot kaki kram

Tubuh membutuhkan kalium elektrolit untuk membangun otot dan protein. Jika tubuh kekurangan zat ini, alhasil otot pada bagian tubuh akan menjadi kram. Kram ini seringnya muncuk pada bagian betis. Kekurangan kalium kemungkinan besar disebabkan oleh keringat berlebih, diare, muntah, dan kehilangan banyak cairan.

5. Merasa lelah

Jika Anda sering merasa lelah dan mudah marah, mungkin hal itu disebabkan oleh kurangnya vitamin C. Tingkat vitamin C yang dibutuhkan wanita memang berbeda dengan pria. Tapi, menurut American Journal of Clinical Nutrition, perokok memiliki tiga kali lipat risiko kekurangan vitamin C.

Wanita memerlukan setidaknya 75 mg sehari, laki-laki 90 mg, dan perokok memerlukan tambahan 35 mg tiap harinya. Kita bisa memperoleh vitamin C dari jeruk, melon, kiwi, nanas, tomat, bayam, paprika, dan brokoli.

(rd.com)

Editor: ridwan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved