10 Ruang Asrama Ponpes Syech Maulana Qori Terbakar

“Waktu kami bangun itu sudah terang. Di luar asrama terang nian karena api sudah besar membakar ruangan asrama yang sebelah,” ujar santriwati

10 Ruang Asrama Ponpes Syech Maulana Qori Terbakar
TRIBUN JAMBI/MUHLISIN
Puing Ponpes Syech Maulana Qori di Merangin yang terbakar 


TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO – Musibah menimpa pondok pesantren (ponpes) paling ternama di Merangin. Ponpes Syech Maulana Qori. Rabu (18/5) dinihari kebakaran menghanguskan 10 ruang asrama.

Belum diketahui secara pasti sumber api yang membakar asrama. Namun menurut beberapa sumber, kebakaran terjadi sekira pukul 03.00 dini hari. Ketika puluhan santriwati tengah tertidur lelap.


Seorang santriwati keada Tribun mengatakan saat itu ia dan teman-temannya sudah tidur. Mendadak ia mendengar suara teriakan yang sangat ramai. Ia pun tersentak dan bangun dari tidurnya.

“Waktu kami bangun itu sudah terang. Di luar asrama terang nian karena api sudah besar membakar ruangan asrama yang sebelah,” ujar santriwati yang tak mau namanya ditulis ini.


Wakil Ketua Yayasan Syech Maulana Qori, Khausari, mengatakan juga seisi ponpes sangat terkejut dengan kejadian ini. Pihak ponpes langsung menelepon pemadam kebakaran BPBD Merangin.

Namun kedatangan armada pemadam pun tak banyak menolong. Karena tetap saja 10 ruang asrama santriwati milik ponpes yang berlokasi di Desa Titian Teras Kecamatan Batang Mesumai ini luluh lantak terbakar.


“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Luka-luka juga tidak ada. Semua santriwati kami selamat. Itu yang paling kami syukuri. Walaupun buku, pakai, dan bahan makanan serta peralatan santri terbakar semua,” ujar Khausari.


Soal sumber api, Khausari juga belum dapat memastikan. Namun menurutnya diduga diakibatkan oleh arus listrik di salah satu dari 10 ruangan asrama santriwati. “Pastinya kita belum dapat simpulkan. Mungkin dari arus pendek listrik. Kalau kerugian materil ya pasti ratusan juta rupiah,” ujar Khausari lagi.

Penulis: muhlisin
Editor: deddy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved