Breaking News:

Fahmi Idris: Tuntutan HMI tak akan Berhenti sampai Saut Mundur dari KPK

Mantan Menteri Perindustrian sekaligus alumnus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Fahmi Idris,

Editor: Fifi Suryani
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Mantan Menteri Perindustrian sekaligus alumnus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Fahmi Idris, mengaku kecewa lantaran tidak bisa bertemu dengan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang.

"Padahal, sudah ada janji, yang buat janji sama saya ini Pak Taufiequrachman Ruki (mantan pimpinan KPK), bayangkan, apa kurangnya," ujar Fahmi saat keluar dari lobi Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (12/5/2016).

Tidak hanya Saut, kata Fahmi, semua pimpinan KPK tidak ada di kantor. (Baca: Fahmi Idris Temui Saut Situmorang Bahas soal Protes HMI)

"Mestinya, ada sisa satu orang yang mewakili KPK. Tetapi, apa boleh buat, mungkin tata krama birokrasi di sini," katanya.

Ia mengatakan, meskipun sebelumnya mantan Staf Ahli Badan Intelijen Negara (BIN) itu sudah meminta maaf, tuntutan secara hukum akan tetap dilanjutkan.

"Karena ada satu pasal di Kitab Undang-Undang Hukum Pidana, sikap yang menghina secara sengaja di depan publik dapat dikenakan hukuman. Jadi, saya menuntut secara hukum Saut untuk diadili," kata politisi Partai Golkar itu.

Fahmi mengatakan, tuntutan yang akan dilayangkan bisa saja dibatalkan asalkan Saut mundur dari jabatannya di KPK saat ini.

"Tuntutan kepada Saut ini akan terus berlanjut dan tidak akan berhenti sampai Saut mengundurkan diri," kata Fahmi.

Dalam diskusi di salah satu televisi swasta, Saud mengatakan," ... karakter integritas bangsa ini sangat rapuh. Orang yang baik di negara ini jadi jahat ketika dia sudah menjabat. Lihat saja tokoh-tokoh politik, itu orang-orang pintar, orang-orang cerdas..."

"Saya selalu bilang, kalau di HMI dia minimal ikut LK 1. Lulus itu dia anak-anak mahasiswa, pintar. Tetapi, begitu menjabat, dia jadi jahat, curang, ini karena apa? Karena saya bilang sistem belum jalan. Artinya apa? Adapun peraturan-peraturan itu tidak pernah kita jalankan...," kata dia.

Saut sudah meminta maaf kepada keluarga besar HMI. Ia mengaku tidak bermaksud menyinggung HMI maupun lembaga lainnya.

Saut merasa ada kesalahpahaman atau persepsi atas pernyataannya.

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved