Adegan Penghinaan ini Bikin Dangdut D'Academy Disemprit

Dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS)

Adegan Penghinaan ini Bikin Dangdut D'Academy Disemprit
TRIBUN TIMUR
Satu di antara tayangan D’Academy Celebrity yang disiarkan Indosiar. Tayangan ini baru saja mendapatkan teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia. 

TRIBUNJAMBI.COM - Program Dangdut Academy atau D’Academy Celebrity sedang tersandung sebuah masalah.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) baru saja melayangkan peringatan tertulis kepada D’Academy Celebrity gara-gara ditemukan siaran yang melanggar pada Selasa (19/4/2016), pukul 22.04 WIB.

Pada siaran tersebut, tidak memperhatikan ketentuan tentang norma kesopanan sebagaimana diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012.

Seperti apa?

“Program tersebut menampilkan adegan seorang pria mengelap wajah pria lain dengan kaos kaki. Selain itu, kami juga menemukan penggunaan kata-kata kasar atau makian yakni 'muka lo jengkol banget', 'pot kembang', 'gorong-gorong semanggi', 'manusia katak', dan 'muka lo di ambang kehancuran'."

KPI Pusat menilai penggunaan kata-kata kasar dapat membawa pengaruh negatif bagi khalayak khususnya anak-anak dan remaja.

“Selain itu pada tayangan tanggal 11 dan 12 April 2016, kami juga menemukan muatan ucapan lain yang bermakna hinaan seperti, 'gundukan sampah', 'pendek', 'toples acar', 'ini pala apa batu bacan', 'itu kumis apa tali kutang', dan 'ada pelawak gila',” demikian ditulis KPI pada deskripsi pelanggaran sebagaimana termuat pada laman resmi KPI, kpi.go.id.

Peringatan ini dikeluarkan Jumat (29/4/2016), dengan nomor /K/KPI/04/16.

Atas pelanggaran tersebut, KPI memberikan waktu kepada Indosiar selaku stasiun televisi yang menyiarkan D’Academy Celebrity agar melakukan evaluasi internal program.

Halaman
1234
Editor: bandot
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved