Anda di Jambi Libur 4 Hari, Pikirkan Usaha Penyedia Jasa Seperti Ini, Ada Peluang Lho

Aneka ragam bisnis dan kreativitas baru bermunculan memanfaatkan demam online society. Inspirasi

Anda di Jambi Libur 4 Hari, Pikirkan Usaha Penyedia Jasa Seperti Ini, Ada Peluang Lho
KONTAN
usaha penyedia jasa 

ERA digital yang melahirkan booming e-commerce berhasil memikat hati masyarakat Indonesia. Aneka ragam bisnis dan kreativitas baru bermunculan memanfaatkan demam online society. Inspirasi

Mulai jasa ojek, jasa kurir, hingga penjualan beragam barang, semuanya memanfaatkan jaringan internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Hampir semua jenis barang dan layanan bisa Anda temukan di internet.

Kini, setelah era marketplace barang seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Zalora, dan lain-lain telah begitu akrab di keseharian masyarakat, tiba giliran marketplace jasa mengemuka di tengah kita.

Silakan berkenalan dengan Carijasa.co.id, Sejasa.com juga Ahlijasa.com. Tiga nama tersebut adalah nama-nama usaha rintisan (startup) yang mengkhususkan diri sebagai penyedia jasa. Ada yang berbentuk marketplace, ada pula yang menyediakan langsung tenaga jasa aneka rupa.

Pengalaman pribadi Ravi Melwani yang kurang mengenakkan ketika mencari jasa renovasi rumah menjadi titik kelahiran Carijasa.co.id.

Kepada Tabloid KONTAN, Ravi menceritakan, ketika dia baru pulang dari studi di Australia, Ravi berniat merenovasi rumah. Tapi, dia kesulitan mencari penyedia jasa renovasi yang tepat dan tepercaya.

Malah, Ravi mendapat pengalaman buruk terkait hal ini. “Saya sudah dimintai uang muka jasa tapi orangnya malah enggak jelas. Akhirnya ketika mendapat jasa pun, kualitasnya jelek,” terang dia.

Pengalaman tidak menyenangkan itu cukup membekas di benak Ravi. “Ternyata mencari penyedia jasa yang tepercaya dan bagus itu tidak mudah,” ujar Ravi.

Pertemuan dengan Mizno Kruge, kawannya, mengerucutkan sebuah ide kelahiran pusat penyedia jasa. Namun, sebelum mengeksekusi ide, mereka menggelar survei untuk mencari tahu tingkat kebutuhan masyarakat atas sebuah pusat penyedia aneka jasa.

Dari hasil survei kecil tersebut, mereka menemukan, banyak orang yang kesulitan mencari jasa tepercaya untuk beragam kebutuhan. Kebanyakan orang mendapatkan layanan jasa, seperti renovasi rumah, adalah atas rekomendasi teman ke teman. “Untuk mencari sendiri, kebanyakan orang tidak ada waktu,” terang Ravi.

Halaman
1234
Editor: duanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved